Tim Ganesha Raih Juara Internasional dalam LÂ’Oreal Brandstorm 2011 di Paris, Prancis
Oleh Ria Ayu Pramudita
Editor Ria Ayu Pramudita
Setelah menjadi juara regional di Indonesia, tim Ganesha yang mengusung tema 'KOFFIE' ini terus menempa diri dengan menjalani berbagai coaching oleh dosen-dosen SBM, pihak L'Oréal Indonesia, bahkan juga dengan global communication agency McCann. 'KOFFIE' sendiri adalah sebuah konsep produk berbahan dasar kopi untuk perawatan rambut bagi pria. Tidak hanya berhenti di produk, tim ini juga mengembangkan strategi-strategi pemasaran yang mampu menarik para pria yang pada umumnya enggan merawat diri ke salon.
Untuk mengatasi rasa tidak nyaman para pria ketika melakukan perawatan di salon wanita, tim ini mengembangkan konsep 'Koffie Men's Hair Section' di sudut salon-salon level A dan AB sebagai coffee shops, di mana para pria bisa mendapatkan layanan perawatan dengan atmosfer yang maskulin. Di Koffie ini, pria bisa menikmati perawatan mereka dalam ambience café yang nyaman sambil menikmati secangkir kopi. Para hairdresser akan mengenakan celemek yang stylish seperti para Barista di coffee shops. "Sebenarnya pria juga mau merawat diri ke salon, namun membutuhkan space yang spesifik hanya untuk kaum pria," jelas Faris.
Konsep yang mendapatkan pujian dari Jean Christophe Letellier, Presiden Direktur L'Oréal Indonesia, sebagai konsep strategi pemasaran yang paling menyeluruh dan ekspresif melalui tagline 'give your hair a coffee break' ini mampu menarik perhatian para dewan juri putaran final internasional yang terdiri dari para eksekutif senior L'Oréal dipimpin oleh L'Oréal Chairman & CEO, Jean-Paul Agon. Tim Ganesha pada akhirnya mampu meraih tempat ketiga setelah tim dari Singapura (Juara 1) dan India (Juara 2) dan berhak atas hadiah paket liburan ke mana pun di dunia senilai 2500 euro. "Kami belum menentukan akan berlibur kemana, tapi pastinya kami akan menjelajahi salah satu negara di Asia," kata Fabila.
Prestasi ini merupakan prestasi tertinggi yang pernah didapatkan oleh tim dari Indonesia dalam ajang L'Oreal Brandstorm sejak keikutsertaan Indonesia pada tahun 2009. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan.
Sumber: majalah SWA dan situs SBM ITB.