Tim ITB Raih Prestasi Cloud Track Huawei ICT Competition 2023 di Tingkat Regional dan Global

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Tim Mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB meraih prestasi pada Cloud Track Huawei ICT Competition tahun 2023. Tim tersebut juara 3 di tingkat regional dan juara 2 di tingkat global.

Mahasiswa yang tergabung dalam tim tersebut antara lain Muhammad Hilmi Fawwaz (Teknik Telekomunikasi, 2020), Faris Hasim Syauqi (Teknik Informatika, 2019), dan Larastya Devindira Hasnaa (Teknik Telekomunikasi, 2019).

Melalui kompetisi Huawei ICT Competition, khususnya Cloud Track, peserta diharapkan mampu mengasah kemampuan mereka dalam memahami dan mengoperasikan cloud computing, yang terdiri dari layanan komputer, layanan penyimpanan, layanan machine learning, dan fitur lainnya.

Dalam persiapannya, tim didampingi oleh instruktur Abdul Latif, S.T., M.T., selaku Asisten Akademik di STEI ITB. “Pak Latif mengarahkan bagaimana sebaiknya yang kita lakukan untuk bisa mengerjakan problem yang dilombakan,” ujar Devindira.

Pada tahap regional, tim menyelesaikan permasalahan terkait topik cloud computing secara teoritis dengan total durasi dua jam. Selain itu, terdapat hands on berupa konfigurasi implementasi masalah arsitektur pada cloud platform dengan total durasi empat jam. Sementara pada tahap global, kompetisi dilakukan seluruhnya dalam bentuk hands on dengan kompleksitas dan kesulitan masalah yang lebih tinggi dengan total durasi delapan jam.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)

Foto: Dok. Tim Mahasiswa ITB


scan for download