Tumbuhkan Motivasi dan Kembangkan Karakter Mahasiswa Baru melalui PPKM ITB 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor -

Dokumentasi Panitia PPKM ITB 2023

JATINANGOR, itb.ac.id - Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan Program Pengembangan Karakter dan Motivasi (PPKM) ITB pada Sabtu (9/9/2023) di Auditorium GKU II, ITB Kampus Jatinangor.

JATINANGOR, itb.ac.id - Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan Program Pengembangan Karakter dan Motivasi (PPKM) ITB pada Sabtu (9/9/2023) di Auditorium GKU II, ITB Kampus Jatinangor.

Agenda ini merupakan acara rutin dari Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB dan diorganisasikan oleh Tutor Asrama ITB, sebagai pembuka untuk pembinaan karakter bagi mahasiswa baru. PPKM ITB juga bertujuan untuk menanamkan dan belajar mengimplementasikan karakter baik kepada mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) terutama penghuni Asrama, KIP-K dan afirmasi.

PPKM 2023 berfokus pada pembekalan nilai Adaptif, Integritas, dan Rendah Hati dan pengenalan mengenai pembiasaan nilai asrama sebagai living and learning community. Terdapat tiga acara utama pada pelaksanaan PPKM ini, yakni Talk show Mahasiswa Inspiratif, Seminar Karakter AIR ITB, dan Inspiring Angklung. Selain itu, acara ini juga diisi dengan Pelantikan 108 Tutor Asrama ITB Periode 2023/2024 oleh Direktorat Kemahasiswaan ITB.

Talk show Mahasiswa Inspiratif mengusung tema “ITB Sebagai Pencetak Pribadi Berbudi Pekerti Luhur yang Amanah dalam Mengemban Tanggung Jawab”, diisi oleh narasumber dari Koordinator Umum Tutor Asrama ITB 2020/2021, Eunico Victor Setiyohadi, S.T.

Dari talk show ini, diharapkan peserta dapat belajar bagaimana berbudi pekerti luhur dapat diterapkan terutama dalam kehidupan sehari-hari terutama berasrama serta mengemban tanggung jawab sebagai amanah.

Acara dilanjutkan dengan Seminar “How to College ITB’s Way” dengan pembicara Prof. Dr. M. Salman A.N., S.Si., M.Si. Seminar ini berfokus pada pengenalan karakter AIR ITB (Adaptif, Integritas, Rendah Hati, Inisiator Kebaikan, Tangguh Berjuang, dan Berprestasi Diridhoi Tuhan). Karakter tersebut diharapkan dapat menjadi pegangan bagi para mahasiswa baru dalam menjalankan kehidupan perkuliahan di ITB.

Setelah sesi materi, acara inti berikutnya adalah Spesial Performance Inspiring Angklung oleh Ir. Djoko Nugroho atau yang akrab disapa pak Djoko. Setiap peserta memiliki kesempatan untuk memainkan satu angklung yang telah bertuliskan salah satu dari nilai attitude, smart, bright, professional, collaboration, responsible, creative, discipline, dan excellent.


Melalui semangat dan pengantar yang seru, pak Djoko melakukan berbagai gestur tubuh untuk memandu peserta membunyikan angklungnya. Di sela-sela narasi pengahantarnya, beliau selalu menyalipkan nilai-nilai inspiratif dan membuat permainan angklung semakin interaktif. Di akhir segmen, seluruh peserta memainkan anklung untuk lagu Rayuan Pulau Kelapa, Can’t Help Falling In Love, dan Indonesia Pusaka.

Pengembangan karakter dan motivasi pada PPKM ini tidak hanya melalui tiga acara inti yang telah dijabarkan tadi. Ada pula pertunjukan Hikayat Kerajaan Wiranegara, yakni sebuah persembahan seni teater musik yang mengisahkan perjuangan lima pejuang dari lima negeri untuk mencari solusi atas wabah misterius yang menyerang kerajaan ini. Dialog, musik, tarian, dan pensuasanaan disajikan begitu indah dan dramatis oleh para pemain dari Tutor Asrama ITB sendiri. Bukan cerita yang sekali selesai, hikayat ini akan berlanjut ke pembinaan terpusat di bulan Februari nanti.

Ketua Pelaksana PPKM ITB 2023, Rahma, berharap adanya PPKM ini dapat membantu memberikan motivasi lebih kepada mahasiswa baru dalam menjalani kegiatan, baik itu di perkuliahan ataupun yang lainnya. Sehingga ke depannya, mahasiswa baru dapat beradaptasi lebih baik serta memanfaatkan potensi secara maksimal hingga mampu menjadi mahasiswa yang berprestasi.

Reporter: Putri Nur Azizah (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2021)


scan for download