Tyco Electronics-ITB: Structured Cabling Design Center Pertama di Indonesia

Oleh habiburmuhaimin

Editor habiburmuhaimin

MoU TE - ITBBANDUNG, itb.ac.id - Melalui kesepakatan yang ditandatangani antara Thyco Electronics Ltd (TE), diwakili oleh PT. Tyco Precision Electronics, dan ITB, ITB akan mengadakan pelatihan premises cabling untuk para dosen STEI-ITB. Selanjutnya, dosen ITB akan melaksanakan pelatihan tentang structured cabling system installation, testing, dan design kepada mahasiswanya. MoU tersebut juga menandakan telah diserahterimakannya Structured Cabling Design Center pertama di Indonesia dari Tyco Electronics ke ITB. Peluncuran Design Center tersebut diselenggarakan di gedung Achmad Bakrie, Kamis (28/01/10), yang disaksikan pula oleh partner TE.
Thomas Poh, Direktur Industri AMP NETCONNECT, divisi dari TE mengatakan, MoU tersebut meresmikan sebuah relasi kerja erat yang telah berjalan antar kedua institusi. "TE merasa bangga mensponsori program pelatihan di ITB yang akan membuat mahasiswa STEI-ITB lebih dapat terserap lapangan kerja setelah meninggalkan universitas". Program ini diharapkan dapat melengkapi Structured Cabling Design Center ITB dengan keseluruhan produk berasal dari AMP NETCONNECT dan peralatan tambahan untuk men-support AMP ACT Training Program. TE juga men-support partner di Indonesia dengan menyokong Sertifikasi Cable Tester dan alat-alat terbaru. Partner TE adalah PT. Nusantara Compnet Integrator, PT. Ampnet Mega Pacific, dan PT. Adhitya Mandiri Pratama.

Laboratorium Telematika"Apa yang berkembang adalah sebuah usaha kolaborasi diantara dua institusi yang akan memiliki efek berkesinambungan dalam mempromosikan structured cabling expertise di negara ini dan kita merasa terhormat menjadi bagian perkembangan yang menarik ini," tambah Irawan Purwono. Irawan adalah lulusan ITB dan juga pendiri serta direktur dari PT. Nusantara COmpnet Integrator, perusahaan yang berkecimpung dalam IT system integrator dan Cisco's Silver Partner, satu dari partner TE yang mendukung program ini.

Prof. Adang Suwandi Ahmad, Dekan STEI-ITB, menyambut MoU ini sebagai sebuah simbol dari kepercayaan TE terhadap kemampuan teknik dari mahasiswa ITB. "Kita menanti-nanti dengan antusias tinggi permulaan dari program training yang pertama kali diadakan di Indonesia sehingga akan membekali mahasiswa kami dan fakultas dengan pengalaman di premises cabling. Kita berharap ke depannya kita dapat memperluas program ini ke pelatihan dan upgrading para kontraktor cabling untuk kebutuhan industri IT."

ITB telah menyediakan sumber daya yang sesuai untuk men-setup Structured Cabling Design Center STEI-ITB. Ditambah lagi, ITB dan TE bekerja sama mendesain mata pelajaran yang akan memberikan mahasiswa ITB latar belakang yang solid pada instalasi structured cabling system, testing, dan design selama mahasiswa kuliah di ITB.

Suhadi Kho - Tutun JuhanaRencananya, Design Center ini akan digunakan sebagai laboratorium praktikum mahasiswa STEI. "Untuk mata kuliah Jaringan Telekomunikasi, Sistem Komunikasi Optik, dan Jaringan Komunikasi Data," kata Tutun Juhana, ketua Laboratorium Telematika STEI-ITB.

"Demi peningkatan SDM, ke depan akan ada student yang magang di Tyco Electronics juga," ujar Suhadi Kho, System Application Engineer kepada Kantor Berita ITB.

scan for download