Usung Inovasi Kebijakan Energi Daerah, Mahasiswa ITB Juara 3 Policy Case Competition

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Tiga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Agniya Alfi Habibah (15321054), Hanum Rahmawati (15421075), dan Deni Marsel Susanto (1542110) menjadi juara 3 Policy Case Competition.

Policy Case Competition merupakan kompetisi memecahkan masalah atau studi kasus yang berkaitan dengan kebijakan. Kompetisi ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian Integrated Youth Renewable Energy Festival (IYREF) yang diselenggarakan SRE ITB bekerja sama dengan New Energy Nexus Indonesia. Kompetisi ini mengambil kasus mengenai kebijakan tentang transisi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Jawa Barat.

Kompetisi Policy Case Competition berlangsung sejak April hingga Mei 2024 yang diawali dengan preliminary kemudian ditutup dengan acara final pada tanggal 17-18 Mei 2024.

Tiga mahasiswa ITB yang tergabung dalam Tim HADE PISAN ini mengusung inovasi kebijakan, yakni:

1. Pemutakhiran dokumen RUED (Rencana Umum Energi Daerah), dokumen perencanaan dan proyeksi energi yang diterbitkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat untuk tahun 2018-2050. Rekomendasi kebijakan dari tim bertujuan untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan EBT di Jawa Barat;

2. Skema ekonomi dan fiskal, dengan studi kasus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Cisolok yang dihitung proyeksi dan skema fiskal yang dapat diterapkan.

3. Dokumen Peta Jalan penelitian energi baru terbarukan Jawa Barat. Dalam peta jalan akan dijelaskan secara rinci program serta targetnya dan strategi dalam mencapainya.

   

Mereka tantangan tersulit dalam perumusan inovasi dan penyelesaian masalah adalah memahami setiap tugas pokok dan fungsi dinas di Jabar untuk merumuskan rekomendasi kebijakan yang melibatkan pembuatan kebijakan sehingga dikeluarkan dan dijalankan oleh dinas yang tepat.

Tim ini berharap Policy Case Competition dapat digelar lagi, baik di tingkat regional maupun nasional dengan studi kasus yang lebih beragam.

“Terima kasih untuk New Energy Nexus Indonesia dan SRE ITB yg telah mengadakan lomba ini. Semoga terus diadakan setiap tahunnya untuk meningkatkan pengetahuan dan pola pikir yang kritis dalam pembuatan kebijakan,” kata Deni Marsel Susanto.

Reporter: Angra Eni Saepa (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download