Pelaksanaan UTBK Hari Pertama di ITB Berjalan Lancar

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG—Sebanyak 22.083 peserta akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Institut Teknologi Bandung sebagai syarat diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN. Pelaksanaan UTBK akan berlangsung dari 17-23 Mei 2022 untuk gelombang 1 dan 28 Mei-3 Juni 2022 untuk gelombang 2. Jumlah peserta tersebut terdiri dari 21.313 peserta dari jenis ujian Saintek/Soshum dan 770 peserta jenis ujian Campuran.

Koordinator Pelaksana UTBK ITB 2022 Achmad Rochliadi, MS., Ph.D., MRSC., mengatakan, sebaran lokasi ujian UTBK ITB akan berlangsung di 7 lokasi, di antaranya: Kampus ITB Ganesha, SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMKN 2 Bandung. Untuk mengakomodir peserta, panitia menyiapkan 1.155 komputer per sesinya dengan 1 hari rata-rata terdapat 2 sesi. "Semua komputer peserta menggunakan PC," kata koordinator pelaksana UTBK ITB itu.

Hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Pusat UTBK ITB berjalan lancar. Sebelum melakukan tes, perserta terlebih dahulu diperiksa suhu dan kelengkapan persyaratan ujian Tim Marshal di ruang transit. Peserta akan langsung didampingi oleh Tim Marshal untuk menuju ruangan ujian. Untuk mengurangi kecurangan setiap peserta diperiksa oleh pengawas ruangan menggunakan metal detektor.

Masih ada peserta yang salah datang ke lokasi ujian yang seharusnya lokasi ujian di SMU 4 Bandung dan SMU 1 Bandung tetapi datang ke ITB dan tidak membawa kartu ujian. “Jadi diharapkan untuk para peserta lebih teliti dalam mengecek lokasi tempat ujian sesuai lokasi yang tertera pada kartu peserta ujian, bukan hanya Pusat UTBKnya saja“, ujar Achmad.

Untuk melancarkan proses mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 di Pusat UTBK ITB, maka setiap peserta mempersiapkan hal-hal berikut:
1. Membawa kartu ujian.
2. Ijazah bagi lulusan 2021 dan 2020 atau surat keterangan kelas 12 dari sekolah yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru dengan dibubuhi tanda tangan kepala sekolah dan cap stempel.
3. Kartu indentitas diri berfoto (KTP/SIM/Paspor).
4. Masker medis.
5. Handsanitizer
6. Dalam keadaan sehat (saat diperiksa suhu antara maks 37.5 derajat celcius)
7. Sudah hadir 1 jam sebelum jadwal ujian.

Pusat UTBK ITB tidak mensyaratkan Peserta telah mendapat vaksin booster. Akan tetapi yang terpenting peserta mengikuti ujian dalam kondisi sehat. Selain itu peserta disarankan untuk memakai sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan kaki untuk jarak yang cukup jauh dan naik tangga, tidak memakai perhiasan atau membawa
barang mewah yang rentan untuk dicuri.

Peserta tidak perlu melihat ruang ujian pada H-1, cukup mengetahui lokasi ujian karena peserta akan memasuki/dikumpulkan di ruang transit untuk pemeriksaan kesehatan (cek suhu) dan kemudian baru akan diantar ke ruang ujian oleh tim khusus. Bila ada peserta yang menggunakan kursi roda/tongkat bisa menghubungi sekretariat. Peserta tidak membawa kendaraan pribadi karena panitia tidak menyediakan tempat parkir.

Seluruh rincian tahapan waktu pelaksanaan yang meliputi: alur masuk lokasi ujian, alur keluar lokasi ujian serta informasi mengenai pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 di Pusat UTBK ITB sudah disebar dalam bentuk e-book di media sosial ITB melalui tautan https://bit.ly/UTBKDIITB2022. Inisiatif Peserta dalam memahami e-book tersebut akan sangat membantu kelancaran yang bersangkutan ujian.

Ujian di Pusat UTBK ITB terdiri dari dua sesi dan tersebar di lokasi mitra Pusat UTBK ITB yaitu SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMKN 2 Bandung. Berikut data peserta yang mengikuti ujian di Pusat UTBK ITB. Sesi 1 jumlah peserta seharusnya 1.155 orang, namun terdapat peserta tidak hadir yaitu 71 orang, dengan persentase ketidakhadiran 6.14%. Dengan rincian jumlah peserta yang ujian di ITB peserta yang hadir seharusnya 385 dengan 19 peserta tidak hadir dan jumlah peserta ujian di SMU Mitra Pusat UTBK ITB peserta yang hadir seharusnya 770 dengan 52 peserta tidak hadir.


scan for download