ITB Resmikan Unit Usaha Komersial Baru PT ITB Press

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

Kepala BPUDL ITB menandatangani peresmian PT ITB Press sebagai unit usaha baru di ITB. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung kini memiliki Unit Usaha Komersial baru yaitu PT Inovasi Teknologi Bermedia Press (PT ITB Press). Peresmian pendirian Perseroan Terbatas (PT) ITB Press ditandatangani oleh Kepala Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB, Deddy Priatmodjo Koesrindartoto, Ph.D., juga Ketua Yayasan LAPI ITB Dr. Chalid Idham Abdullah di Kantor ITB Press, Kampus Ganesha, Bandung pada Kamis (22/9/2022).

Sebelumnya, sejak 2013 sampai dengan saat ini, bentuk usaha ITB Press adalah Unit Usaha Pendukung (UUP) yang berada di bawah pengelolaan Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL). Pendirian PT ITB Press dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk melakukan transformasi bisnis ITB Press. Secepatnya, proses transisi UUP akan terus dilakukan hingga semua kegiatan bisnis dapat beralih ke PT yang baru didirikan. Status sebagai perseroan akan membuat ITB Press mempunyai keleluasaan untuk semakin berkembang dan akhirnya dapat memberikan kontribusi maksimal kepada ITB. BPUDL sebagai perwakilan ITB dan juga Yayasan LAPI ITB merupakan pemegang saham PT ITB Press.

Kepala BPUDL ITB Deddy Priatmodjo, mengatakan pendirian PT ITB Press merupakan salah satu program pengembangan ITB Press menjadi perusahaan yang mandiri. Perencanaan pengembangannya sudah mulai dilakukan sejak 2 tahun lalu namun baru terealisasi saat ini. Setelah menjadi PT, ITB Press dapat memperluas layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan percetakan dan penerbitan.

“PT ITB Press merupakan aset penting bagi ITB yang perlu dikelola dengan baik. Selama satu tahun terakhir, BPUDL secara intensif terus mendorong proses pendirian ITB Press,” ujar Deddy dalam sambutannya.

Menurut Deddy, ITB Press bukan hanya berganti status, melainkan bertransformasi sehingga roda bisnisnya juga harus bertransformasi. Untuk itu ia berpesan kepada seluruh staf di ITB Press agar ke depannya selalu meningkatkan produktivitas sebab bekerja di PT dan UUP sangatlah berbeda.

Sementara itu, Ketua Yayasan LAPI ITB Dr. Chalid Idham Abdullah berharap, berdirinya PT ITB Press akan membuat perusahaan menjadi berkembang dan semakin maju. Ia mengatakan, sama seperti PT lainnya, tujuan keberadaan ITB Press adalah untuk membantu ITB.

Setelah resmi didirikan terhitung sejak 22 September 2022, PT ITB Press dipimpin oleh Komisaris Edi Wahyu Sri Mulyono dan Direktur Alga Indria. Keduanya merupakan alumni ITB dan pada momen yang sama langsung menandatangani surat kesediaan menjadi pengurus ITB Press.

*Jajaran direksi PT ITB Press: Komisaris Edi Wahyu Sri Mulyono dan Direktur Alga Indria. Foto: Adi Permana/Humas ITB

“Hari ini adalah hari yang membahagiakan. Kita bersama-sama menjadi saksi lahirnya PT ITB Press. Ini sebuah niat baik untuk kemajuan ITB, kita ingin memberikan kontribusi untuk membesarkan ITB dengan dukungan semua pihak sebab ITB Press sebagai PT dapat membawa kemajuan untuk kita semua," ujar Edi.

Sementara itu, Direktur PT ITB Press, Alga Indria berharap semoga semua pihak di dalam PT ITB Press dapat bekerja sama. “Kita akan bergerak cepat, tapi cepat saja tidak cukup kalau tidak terarah. Dalam membangun sesuatu, butuh perencanaan yang hebat. Untuk itu mari sama-sama membuat perencanaan yang hebat agar ITB Press dapat mencapai kesempurnaan yang tinggi kelak,” pungkasnya.

*Foto bersama pimpinan BPUDL, PT LAPI ITB, jajaran direksi PT ITB Press, dan seluruh staf. Foto: Adi Permana/Humas ITB


scan for download