SA Universitas Andalas Studi Banding ke SA ITB

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id-- Senat Akademik (SA) Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima kunjungan dari Sehat Akademik Universitas Andalas, Sumatera Barat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah, Senin (26/9/2022).

Kunjungan studi banding dari SA Universitas Andalas tersebut salah satunya membahas tentang mutu pendidikan yang ada di ITB. Menurut mereka, ITB merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kualitas pendidikan yang baik.

Kunjungan tersebut diterima oleh Sekretaris SA, Prof. Wawan Dhewanto, Ph.D., Sekretaris Komisi I, Dr. Anggraini Barlian, M.Sc., Ketua Komisi II Prof. Dr. Tati Suryati, MS. DEA., Sekretaris Komisi II Ir. Rildova, M.T., Ph.D., dan jajaran SA lainnya.

Ketua SA Universitas Andalas, Prof. Dr. Syafrijal Sy, menyampaikan, Universitas Andalas belum lama ini berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) pada tahun 2021. Agar dapat meningkatkan mutu, tentunya lembaga penjamin mutu, memiliki tugas membawa akreditasi unggul.


Sekretaris Komisi I, Dr. Anggraini Barlian mengatakan, setiap tahun semua komisi di SA ITB diminta menyusun program strategis, misalnya mengenai standar pendidikan tinggi, norma, harkat pendidikan tinggi dan pedoman penyusunan kurikulum sebagai landasan untuk pihak eksekutif (rektor dan wakil rektor).

"Komisi I melakukan koordinasi agar terjadi sinkronisasi yang baik antara standar nasional yang paling minimal dengan Ketua Satuan Penjaminan Mutu ITB. Sehingga apa yang dihasilkan dari norma standar untuk standar pendidikan tinggi ITB betul-betul memenuhi standar mutu yang dikeluarkan oleh SPM ITB," ujarnya.


scan for download