Masjid Al-Jabbar ITB Sediakan Takjil dan Iftar Gratis untuk Berbuka Selama Ramadan

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


JATINANGOR, itb.ac.id — Panitia Ramadan Masjid Aljabbar (PRAMA) ITB 1444 H bersama DKM Masjid Aljabbar menyuguhkan paket takjil dan ifthar gratis untuk lebih dari 100 jemaah setiap hari selama Ramadan 1444 Hijriah.

Steering Committee (SC) Kegiatan Ramadan 1444 H Masjid Al-Jabbar ITB Mahmudin S.P., menyampaikan, program berbagi takjil dan ifthar kepada jemaah rutin dilakukan setiap tahunnya ketika Ramadan. Harapannya program berbagi takjil dan ifthar ini dapat mengenalkan kegiatan-kegiatan yang ada di Masjid Al-Jabbar ITB kepada masyarakat.

Program ini didukung oleh donatur baik dari perorangan maupun berbagai pihak dan lembaga seperti Rumah Amal Salman, Qur’an Best, hingga rumah makan di sekitar Jatinangor seperti Warung Pencot atau Warcot.

Panitia Ramadan Masjid Al-Jabbar (PRAMA) ITB 1444 H mulai membagikan takjil pada pukul 17.30 di selasar kiri dan kanan masjid. Jemaah ikhwan akan melaksanakan buka puasa di selasar sisi kiri sementara jemaah akhwat di sisi kanan.

“Kalo yang sekarang ini ada gorengan, kurma, kayak ada nasi, air, es teh,” ungkap Ketua Departemen Acara M. Fadhil Hafidz Al-Farisy (BA’21).

Sistem berbagi ifthar di Masjid Al-Jabbar ITB terbilang cukup menarik yaitu dengan menggunakan kupon khusus. Ketua Divisi Berbagi Buka Fadilah Khoirunnisa (BA’21) menjelaskan bahwa kupon akan dibagikan kepada jemaah sejak pukul 5 sore. Kupon ini nantinya akan ditukarkan oleh jemaah setelah sholat maghrib dengan ifthar atau makanan berat.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan masjid, panitia menyediakan kantong sampah dan menempatkannya di selasar tengah untuk akhwat dan ikhwan. Menariknya, distribusi sampah tidak dibagi berdasarkan sampah organik atau anorganik, melainkan sampah kardus dan sampah plastik.

“Sebelumnya udah pernah organik dan anorganik, cuman kayak pada ga bisa misahin gtu loh. Jadi dipisahinnya kardus dan plastik,” terang Fadilah.
Salah seorang jemaah Masjid Al-Jabbar ITB Guntur (FTSL ’22) bercerita bahwa sebagai mahasiswa yang pertama kali merantau, program berbagi takjil dan ifthar sangat bermanfaat untuknya.

“Tentunya ya terutama sekarang lagi tanggal tua gitu sangat membantu para mahasiswa lah, mengurangi pengeluaran. Dan apalagi kalo misalkan iftharnya juga dapet dan pahalanya juga dapat, dan itu ya double-double buat saya dan juga jamaah yang lainnya,” ujarnya.

Menurut Guntur, program berbagi takjil dan ifthar sudah tepat sasaran, khususnya untuk jemaah mahasiswa dan jamaah lain yang membutuhkan. Guntur berharap, pihak penyelenggara dapat secara konsisten mengadakan program ini. Ia juga mendoakan agar pihak penyelenggara serta para donatur selalu diberikan pahala yang berlimpah.

Masjid Al-Jabbar ITB mengupayakan untuk dapat terus menghadirkan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi jemaah dan masyarakat. SC kegiatan Ramadan 1444 H Mahmudin S.P. berharap untuk selanjutnya juga akan diadakan kegiatan-kegiatan tambahan seperti iktikaf serta berbagi sahur.

Reporter: Ardiansyah Satria Aradhana (Rekayasa Pertanian, 2020)
Foto: Dok. Panitia Ramadan Al-Jabbar ITB 1444 H


scan for download