17.216 Peserta Akan Mengikuti UTBK di ITB

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

SIARAN PERS ITB

Nomor: 361/IT1.B03.2/HM/2023

5 Mei 2023

BANDUNG,- Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2023 sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Pelaksanaan ujian di Pusat UTBK ITB akan dilaksanakan dua gelombang. Ujian Gelombang I pada 8-14 Mei 2023, dan Ujian Gelombang II dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023.

Berdasarkan data dari panitia Pusat UTBK ITB, peserta yang mendaftar UTBK di Institut Teknologi Bandung berjumlah 17.216 peserta yang berasal dari berbagai provinsi/daerah di Indonesia.

Sesi ujian akan dilaksanakan dua kali, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dilaksanakan dari pukul 6.45-10.30 WIB, sementara sesi siang dilaksanakan dari pukul 13.00-16.45 WIB.

Dalam pelaksanaan ujian, Pusat UTBK ITB bekerja sama dengan mitra SMAN di Bandung. Oleh karena itu, lokasi ujian selain di Institut Teknologi Bandung, juga akan digelar di SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMKN 2 Bandung.

Setiap lokasi memiliki kapasitas peserta berbeda per sesinya. Untuk peserta yang tes di ITB maksimum peserta yang ikut adalah 735, dan di tempat mitra SMA maksimum 885 peserta. Guna mendukung pelaksanaan UTBK, ITB menyiapkan 735 komputer (PC) untuk yang mengikuti tes di ITB, dan 885 komputer (PC) untuk yang tes di mitra SMA.

Sementara itu, untuk mencegah kecurangan, panitia Pusat UTBK ITB melibatkan pengawas dengan perbandingan kira-kira 1 pengawas untuk 10 peserta pada setiap ruangan.

Pusat UTBK ITB mengimbau kepada para peserta untuk memperhatikan panduan umum dari leaflet yang disebarkan, sehingga sesuai dengan petunjuk di dalam leaflet. Peserta diharapkan membawa seluruh perlengkapan yang diperlukan (Kartu Peserta UTBK, Ijazah/SKL, Pensil Kayu) serta berpakaian sopan. Jangan terlambat datang, silakan hadir lebih awal untuk memeriksa ruangan ujian, dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Institut Teknologi Bandung
Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn.


scan for download