Cireknowbition Kenalkan ITB Kampus Cirebon Lebih Dalam kepada Masyarakat

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

Pengenalan jurusan oleh mahasiswa Teknik Pertambangan ITB pada Cireknowbition Fest, di Gedung B, ITB Kampus Cirebon, Sabtu (24/02/2024). (Dok. Panitia Cireknowbition)

CIREBON, itb.ac.id – Bidang Inkubasi Karya, Kepengurusan Keresidenan Multikampus Cirebon menggelar Cireknowbition. Cireknowbition terdiri atas tiga rangkaian acara, yaitu Cireknowbition SNBT Prep, Cireknowbition Fest, dan Cireknowbition Class.

Cireknowbition SNBT Prep sudah dilaksanakan sejak tahun 2023. Kegiatan ini membantu siswa SMA kelas 12 mempersiapkan diri menghadapi ujian Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Harapannya, mereka lebih siap mengikuti ujian.

Kedua rangkaian acara selanjutnya, Cireknowbition Fest dan Cireknowbition Class, dilaksanakan di hari yang sama, Sabtu (24/2/2024). Kedua rangkaian terakhir ini diketuai Muhammad Zaki Alwan, mahasiswa Teknik Industri 2021. Kegiatan berlangsung meriah dan disambut baik peserta dan massa kampus yang hadir.

Cireknowbition Fest merupakan acara pengenalan interaktif 7 program studi di ITB Kampus Cirebon yang digelar di Aula Gedung B. Setiap himpunan jurusan memiliki booth-nya dan dapat berinteraksi langsung dengan peserta.

Acara ini dibuka untuk umum. Ketujuh booth program studi yang turut berpartisipasi ialah Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Kriya, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, dan Oseanografi.

Hal yang membedakan Cireknowbition Fest dengan pengenalan program studi lainnya adalah dari segi interaktif, penyampaian yang lebih terperinci, dan setiap himpunan jurusan dapat menunjukkan berbagai karya yang mereka kerjakan.

“Keberjalannya cukup bagus. Bahkan melebihi OKR (Objectives and Key Results) yang kita tetapkan, dan yang datang kurang lebih 100 orang,” ujar Zaki.

Adapun acara terakhir, Cireknowbition Class, dilaksanakan di Ruang 9706 Gedung B. Kegiatan ini merupakan sharing session antar mahasiswa ITB Kampus Cirebon. Topik yang dibahas mengenai self-branding dan motivasi berprestasi. Acara ini mendapatkan respons yang baik.

Foto bersama di akhir acara Cireknowbition Class, di Ruang 9706 Gedung B, ITB Kampus Cirebon, Sabtu (24/02/2024). (Dok. Panitia Cireknowbition)

“ITB Kampus Cirebon masih baru ya, harapannya dengan kita membuka Cireknowbition, bisa mengundang masyarakat dan siswa untuk langsung terlibat di ITB. Mahasiswa pada dasarnya memiliki tridarma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat,” ujar Zaki.

Cireknowbition ini memang merupakan program kerja yang baru ada pada kepengurusan Keresidenan Multikampus Cirebon saat ini. Antusiasme dari peserta menghidupkan suasana yang ada di ITB Kampus Cirebon. Cireknowbition ini bisa menjadi kesempatan yang baik agar eksistensi ITB Kampus Cirebon bisa dirasakan di tengah-tengah masyarakat sekitar.

Sementara itu, Ketua Bidang Inkubasi Karya, Fahrain Ramadhan Risyad Amir (Teknik Industri, 2021), mengatakan bidangnya bertujuan memberdayakan mahasiswa sesuai minat bakat dan diterjunkan kepada masyarakat.

“Harapannya mereka (mahasiswa/i) tahu bahwa mereka memiliki keahlian spesifik dalam dirinya. Sehingga melalui acara ini setidaknya menyadari kembali bahwa ada tanggung jawab setelah lulus dari sini (ITB). Masih ada sesuatu yang bisa kita kasih ke masyarakat. Kemudian harapannya, masyarakat sekitar tahu ITB itu ada juga di Cirebon dan apa saja jurusannya sehingga suatu saat nanti dapat menginspirasi untuk masuk sini (ITB),” ujar Amir.

Reporter: Andre Otniel Panggabean (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2022)


scan for download