Open Studio Arsitektur ITB, Pamerkan Karya-karya Calon Arsitek Muda

Oleh Angra Eni Saepa - Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Pameran poster dan hasil tugas mahasiswa Arsitektur ITB 2024. (sappk.itb.ac.id)

BANDUNG, itb.ac.id - Dunia arsitektur tak henti-hentinya melahirkan ide-ide cemerlang dan desain inovatif yang dapat mengubah lanskap kehidupan manusia. Para calon arsitek muda menuangkan ide-ide kreatif mereka, memadukan estetika dan fungsionalitas untuk menciptakan ruang-ruang yang tak hanya indah, namun juga bermanfaat bagi masyarakat.

Pada (3-7/5/2024), Program Studi Arsitektur ITB membuka kegiatan “Open Studio”, pameran yang menampilkan hasil karya dari tugas perancangan mahasiswa Arsitektur ITB dalam mengembangkan konsep desain yang inovatif. Kegiatan ini digelar di Studio Lantai 5 Barat, Gedung Arsitektur, Labtek IX-B.

Pameran poster dan hasil tugas salah satu mahasiswa Arsitektur ITB 2024. (sappk.itb.ac.id)

Open studio ini digelar sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah AR3290 Studio Perancangan Arsitektur IV. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan terkait perancangan bangunan dengan ketinggian sedang, seperti hotel atau apartemen 8 lantai, melalui pendekatan alur, yaitu alur perancangan dan perkotaan, alur teknologi dan lingkungan, serta alur sosial ekonomi budaya.

Setiap hasil karya yang dipamerkan mahasiswa di Open Studio ini mencerminkan proses pembelajaran yang komprehensif dengan desain yang inovatif dan bertanggung jawab. Hal itu karena selama proses pembelajaran mahasiswa diajak untuk berpikir kreatif dan kritis dalam memecahkan masalah.

Melalui pameran hasil karya mahasiswa arsitektur ini, desain mereka tidak hanya ditampilkan secara visual tetapi juga disertai dengan narasi dan konteks yang jelas, menarik, dan mendalam. Kemudian, memungkinkan ide dan konsep desain untuk diapresiasi dan dinilai dalam konteks yang lebih luas dan terbuka.

Kegiatan Open Studio ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa arsitektur ITB untuk terus berkarya dan menghasilkan desain-desain yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Pameran ini juga menjadi bukti komitmen ITB dalam melahirkan arsitek-arsitek andal yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Reporter: Angra Eni Saepa (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download