Tamarta, Perjalanan Eksplorasi Mahasiswa DKV ITB dalam Pameran Grafis Portofolio

Oleh Asya Aulia Sukma - Mahasiswa Arsitektur, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Pameran Tamarta 2024, di Fragment Project, Kamis-Sabtu (13-15/6/2024). (Dok. Asya Aulia Sukma)

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Desain Grafis angkatan 2021, Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Bandung (DKV ITB) mengadakan pameran akademik dari mata kuliah DK3203 Grafis Portofolio. Pameran yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan bentuk pemenuhan kewajiban tugas Ujian Akhir Semester (UAS) sekaligus menunjukkan tahapan proses eksplorasi kepribadian setiap mahasiswa.

Tamarta 2024 diselenggarakan pada Kamis-Sabtu (13-15/6/2024), di Fragment Project, Kota Bandung. Mahasiswa Desain Grafis 2021 mengusung nama Tamarta sebagai identitas pameran. Tamarta merupakan akronim dari samar, terima, dan purnata. Samar berarti tidak pasti, terima yang berarti penerimaan, dan purnata yang berarti kelengkapan. Jika digabungkan, nama Tamarta mengandung makna rasa penuh dari menerima ketidakpastian. Dari situ, muncul kesadaran bahwa jawaban akan datang apabila sudah menerima diri sendiri.

Sesuai tajuk pamerannya “Menyambut Proses, Merayakan Karya”, Tamarta mengajak pengunjung melihat adanya proses di balik semua kesempurnaan. “Who am I? Perjalanan yang dimulai dengan sebaris pertanyaan seputar jati diri yang terus menghantui, dengan rasa tak puas dengan diri sendiri yang setia menemani. Walau terdengar muram, menerima rasa ketidakpuasan tersebut dapat meluncurkan keberanian mahasiswa desain ke ruang yang belum pernah diinjak,” dinukil dari pengantar pameran.

Salah satu portofolio mahasiswa Desain Grafis 2021, di Fragment Project, Kamis-Sabtu (13-15/6/2024). (Dok. Asya Aulia Sukma)

Perjalanan proses tersebut ditampilkan dalam penyuasanaan di media sosial Instagram @tamarta2024. Mulai dari sebuah pertanyaan bagaimana perasaan seorang desainer saat menghadapi tekanan, dilanjutkan dengan mengenali kelebihan dan menerima diri sendiri, sampai seorang desainer dapat menikmati proses berkarya dan terus berkembang hingga suatu hari nanti, tujuan mereka sudah berada di depan mata.

Tingginya antusiasme mahasiswa, sivitas akademika, dan masyarakat secara umum terlihat dengan adanya perpanjangan periode pameran yang semula hanya berlangsung pada tanggal 13-14 Juni 2024 diperpanjang sampai 15 Juni 2024. Harapannya, melalui pameran Tamarta, mahasiswa dapat lebih sadar akan penerimaan diri dalam berkarya dan masyarakat dapat lebih menghargai rekam jejak setiap mahasiswa sebagai bagian dalam proses berkembangnya.

Reporter: Asya Aulia Sukma (Arsitektur, 2021)


scan for download