ICONMAA 2024, Kolaborasi Global untuk Kembangkan Analisis Matematika

Oleh Erika Winfellina Sibarani - Mahasiswa Matematika, 2021

Editor Muhammad Efriza Pandia


Dok.Humas ITB/Iko Sutrisko Prakasa Lay

BANDUNG, itb.ac.id- Institut Teknologi Bandung (ITB) berkesempatan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan The 2nd International Conference on Mathematical Analysis and Its Applications (ICONMAA) 2024. Konferensi ini dilaksanakan 31 Juli sampai 2 Agustus 2024, secara hybrid di Multipurpose Hall Gedung CRCS dan Gedung CAS, ITB Kampus Ganesha.

ICONMAA merupakan rangkaian konferensi yang diselenggarakan oleh Komunitas Analisis Matematika Indonesia (KAMINDO) bekerja sama dengan universitas tuan rumah. Tujuannya adalah untuk mengakomodasi berbagai ahli dalam analisis matematika dan bidang terkait ke dalam diskusi dan pertukaran informasi yang komprehensif sehingga kolaborasi penelitian lebih lanjut dapat berkembang. Konferensi ini mencakup berbagai topik dalam analisis matematika, termasuk topologi dan geometri, serta penerapannya, termasuk aspek pendidikan.

Konferensi ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB Dr. Hanni Garminia Y., S.Si., M.Si. Beliau mengatakan beberapa tahun terakhir ini, analisis matematis menjadi salah satu isu utama dalam penelitian di bidang Matematika.

"Hal ini terutama karena topik-topik dalam bidang ini mempunyai beberapa penerapan penting, terutama dalam bidang sains dan teknik. Beliau juga menekankan peran penting matematika dan ilmu terapan dalam mengatasi tantangan global dan pentingnya kolaborasi interdisipliner dalam mendorong kemajuan ilmiah," ujarnya.

Konferensi ini diikuti oleh kurang lebih 120 peserta. Agenda tersebut diisi dengan rangkaian konferensi utama berupa keynote speech, presentasi, dan diskusi yang dipandu oleh para ahli dari berbagai negara seperti Belanda, Republik Ceko, Afrika Selatan, Hongaria, India, Iran, Jepang, Malaysia, Filipina, Uni Emirat Arab, dan Indonesia. Rangkaian acara ini menyoroti penelitian mutakhir dan metodologi inovatif, yang menekankan peran penting analisis matematika dalam mengatasi masalah dunia nyata.

Selain itu, ICONMAA 2024 juga menyelenggarakan beberapa simposium mini, yang berfokus pada topik-topik khusus seperti sistem dinamis, analisis Fourier, operator integral, persamaan diferensial parsial, dan geometri. Sesi-sesi ini menyediakan kesempatan untuk diskusi mendalam dan membangun jaringan di antara para peserta.

Reporter: Erika Winfellina Sibarani (Matematika, 2021)


scan for download