Character Development Training ITB 2024 Day 2 Mendapat Antusiasme Besar dari Mahasiswa Baru

Oleh Nattaya Syailendra - Mahasiswa Rekayasa Kehutanan, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

Peserta CDT ITB 2024 melakukan tagline. (Dok. Nattaya Syailendra)

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar kegiatan Character Development Training (CDT) hari kedua, Selasa (3/9/2024) di ITB Kampus Jatinangor. Acara ini dihadiri ribuan mahasiswa baru dari berbagai fakultas/sekolah dalam rangka pelatihan pembentukan karakter.

Kegiatan hari kedua diisi dengan berbagai kegiatan interaktif yang mendalam dan beragam. Acara yang dilaksanakan pada CDT Day 2 membahas Institutional Adjustment, Social Adjustment, dan Personal-Emotional Adjustment. Pada bahasan pertama, Institutional Adjustment, mahasiswa baru diajak mengenali konsep kelekatan institusional melalui pemutaran film pendek dan sesi diskusi.

Pada sesi kedua, Social Adjustment, peserta dianjurkan memilih pasangan untuk melakukan obrolan dengan topik yang sudah ditentukan. Peserta diharuskan mengobrol hingga mendapatkan informasi personal lawan bicaranya. Dalam sesi yang sama, peserta CDT melakukan kegiatan role play yang sangat menyenangkan.

   

Pada sesi Personal-Emotional Adjustment, kegiatan yang dilakukan di antaranya menyelesaikan studi kasus dan membuat poster secara berkelompok. Peserta akan berkeliling untuk menganalisis poster yang dibuat oleh kelompok lain, lalu memberi penilaian. Setiap kelompok mahasiswa diberikan tugas dan simulasi untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama, yang bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi antar anggota tim. Namun, tidak hanya proyek kelompok, peserta juga mengerjakan berbagai tugas yang bersifat individu.

Menurut salah seorang peserta, Eunike, Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) angkatan 2024, kegiatan ini sangat membantunya dalam meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan sosialnya. “Menurut aku, CDT Day 2 lebih seru, karena aku bisa lebih dekat sama kelompokku lewat kegiatan-kegiatan yang interaktif. Hari ini, kami banyak main games dan juga buat poster bareng,” ujarnya.

   

Selain berkegiatan di dalam ruangan, pada CDT Day 2 terdapat side event yang dapat dikunjungi mahasiswa baru. Banyak sekali permainan yang menyenangkan, pemaparan yang menarik, penampilan-penampilan dari peserta yang berani naik ke atas panggung, serta terdapat berbagai hadiah yang dapat ditukarkan oleh peserta CDT Day 2.

Pada kegiatan hari kedua ini banyak menekankan tentang pentingnya penyesuaian dalam kehidupan perkuliahan. “CDT bisa jadi ajang untuk kita beradaptasi di dunia perkuliahan, bagaimana caranya menjadi seorang mahasiswa, caranya menghadapi stres,” ujar Lidya, salah seprang peserta CDT ITB 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program orientasi mahasiswa baru di ITB yang berlangsung selama beberapa hari. Diharapkan, melalui pelatihan ini, mahasiswa tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Reporter: Nattaya Syailendra (Rekayasa Kehutanan, 2022)


scan for download