Kunjungan Coventry University, Perkuat Kemitraan dalam Inovasi dan Teknologi

Oleh Anggun Nindita

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapatkan kunjungan dari Coventry University pada Selasa (1/10/2024) di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB Jalan Tamansari Bandung. Delegasi dari Coventry University disambut dengan hangat oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D.

Kunjungan ini bertujuan guna meningkatkan sinergi antar kedua belah pihak dalam mendorong perkembangan teknologi, inovasi, dan penelitian bertaraf internasional.

Direktur Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi (DKST) ITB Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D., menyampaikan bahwa ITB telah lama memiliki banyak koneksi dengan industri, sehingga kerja sama dengan Conventry University pun dapat menjadi sebuah langkah kemitraan yang strategis.

"Kita bisa melakukan banyak kerja sama dengan kemitraan dan mengembangkan berbagai program. Ada banyak fakultas juga yang bisa kita kembangkan kerja samanya," ujarnya.

Beliau pun menyoroti program multidisiplin di ITB yang berfokus pada inovasi teknologi, membantu penelitian dasar (basic research), hingga penelitian bertaraf internasional.

Sebelumnya, Conventry University telah melakukan kerja sama dengan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB pada tahun 2022.

Deputy Vice Chancellor Research Coventry University menyatakan kolaborasi tersebut menjadi salah satu contoh keberhasilan kerja sama antar kedua institusi. Kerja sama yang terbangun pun telah mencakup berbagai bidang dari mulai science, teknologi, bisnis, sosial, serta Humaniora.

Dengan berbagai inisiatif dan kolaborasi yang dijalin, termasuk dengan Coventry University, ITB menunjukkan komitmennya untuk menjadi universitas terkemuka di dunia dalam bidang inovasi dan penelitian.

Melalui kerja sama dengan industri, universitas internasional, dan dukungan dari pemerintah, ITB siap menghadapi tantangan global dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan.