2nd ITB’s Graduate School Conference, Ajang Para Peneliti Publikasi Hasil Penelitian

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id—2nd ITB’s Graduate School Conference atau yang dikenal dengan i-GSC 2022 diselenggarakan pada 21 Juli 2022 secara daring. Tujuan i-GSC digagas oleh Sekolah Pascasarjana (SPs) ITB dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB adalah untuk memfasilitasi para mahasiswa pascasarjana ITB supaya dapat mempresentasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya. Akan tetapi, i-GSC juga terbuka untuk peserta umum, baik dari dalam maupun luar negeri.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng, berkenan memberikan sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan i-GSC 2022. Dengan mengambil tema “Strengthening Multidisciplinary Research to Enhance Its Impacts on Society,” konferensi internasional ini berhasil menjaring 60 peserta lokal dan internasional. Terdapat 32 presentasi lisan dan sisanya merupakan poster presentation dan atau video presentation.

Narasumber yang memberikan paparannya adalah Dr. Osamu Kozan, Associate Professor of Center of Southeast Asian Studies dari Kyoto University, Dr. Sastia Putri, Associate Professor of Graduate School of Engineering dari Osaka University, dan Profesor Delik Hudalah, dari Fakultas SAPPK, Institut Teknologi Bandung.

Di akhir konferensi, Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Suprijadi, M. Eng., didampingi oleh Sekretaris Bidang Penelitian LPPM, Dr. Rino Rakhmata Mukti, mengumumkan beberapa peserta yang berhasil memenangkan penghargaan dari tiga kategori, yaitu:

1. Most Likes Poster: Akmalia (FSRD)
2. Best Poster: Ida Ayu Ketut Andriyogi Pradnyaswari (FSRD)
3. Best Video Presentation: Akmal Reza Ahkam (FTMD)
4. Best Video Presentation: Ozi Jumadila (FMIPA)
5. Best Presenter
Jessica Lovia Budianto (FSRD)
A Putra Perdana (SAPPK)
Shiella Angelina (SBM)
Sabita Amani (SAPPK)

i-GSC ini seyogyanya akan dilaksanakan dua kali setiap tahunnya. Artikel penelitian yang dipresentasikan akan melalui proses seleksi ketat sebelum diterbitkan dan disertakan pada prosiding. Jangan lewatkan i-GSC selanjutnya yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2022.

Sumber: Rilis LPPM ITB


scan for download