5.669 Mahasiswa Baru ITB Ikuti Pelaksanaan PMB 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima sebanyak 5.669 mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2023/2024. Jumlah tersebut terdiri atas 4.651 mahasiswa baru Program Sarjana, 974 mahasiswa Program Pascasarjana, dan 44 mahasiswa Program Profesi.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dalam acara Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 yang diselenggarakan di ITB Kampus Jatinangor.

Sebagai informasi, rangkaian acara PMB ITB 2023 dilaksanakan di dua tempat, yakni di ITB Kampus Jatinangor untuk mahasiswa Program Sarjana dan di ITB Kampus Ganesha, tepatnya di Gedung Sabuga ITB untuk Program Pascasarjana, Senin (14/8/2023).

"Rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 dimulai dengan pendaftaran dan seleksi. Baik untuk Program Sarjana, Pascasarjana, dan Profesi. Dari proses seleksi hingga PMB, dimulai dari Januari hingga Juli 2023," katanya.

Seleksi untuk Program Sarjana diadakan melalui 4 jalur. Pertama adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Kedua jalur seleksi ini dilaksanakan secara nasional.

"ITB juga menerima mahasiswa dari jalur Seleksi Mandiri (SM) dan International Undergraduate Program. Kedua jalur seleksi ini dilaksanakan sendiri oleh ITB setelah dua seleksi dari jalur nasional diselenggarakan," ujarnya.

Prof. Jaka memastikan kriteria akademik yang tinggi tetap menjadi pertimbangan ITB dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

Adapun gambaran umum distribusi mahasiswa baru untuk Program Sarjana adalah, mahasiswa yang diterima di ITB telah mewakili 34 provinsi, meskipun distribusinya masih belum merata. Sebagian besar masih berasal dari sekolah-sekolah di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Usia rata-rata mahasiswa program sarjana adalah 18 tahun, dengan usia mahasiswa termuda adalah 16 tahun dan yang tertua berusia 21 tahun.

"Pada PMB 2023, ITB juga menerima 21 orang mahasiswa dari daerah 3T (daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). 6 orang diterima dari program dukungan 3T yang pelaksanaannya hampir bersamaan dengan Seleksi Mandiri ITB. Seluruh mahasiswa dari 3T akan mendapatkan beasiswa pendidikan," ucap Prof. Jaka.

Sementara itu, jumlah mahasiswa Pascasarjana dalam PMB 2023 adalah 974 orang, yang terdiri dari 868 mahasiswa Program Magister dan 106 dari Program Doktor. Untuk usia rata-rata mahasiswa Program Magister adalah 25 tahun 11 bulan. Dengan usia termuda 20 tahun 6 bulan dan yang tertua berusia 54 tahun 9 bulan.

Sedangkan untuk Program Doktor, usia rata-ratanya adalah 35 tahun 9 bulan. Dengan usia termuda 22 tahun 7 bulan serta usia tertua 59 tahun 2 bulan.

"Untuk gambaran umum Program Profesi, yakni Program Profesi Apoteker ada 22 orang dan program Profesi Insinyur 22 orang," tuturnya.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaran PMB 2023 hingga dapat terlaksana dengan aman dan kondusif.

"ITB menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungannya, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung pada seluruh rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru 2023," lanjutnya.

Reporter: Eli Sulistyowati (Manajemen, 2024)


scan for download