98 Karya Arsitektur Dipamerkan dalam ATRIA Architectural Design Exhibition 2023

Oleh Adi Permana

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id – Sebanyak 98 karya arsitektur dipamerkan dalam acara ATRIA Architectural Design Exhibition yang telah dihelat sejak awal Juli 2023 oleh Program Studi Arsitektur pada Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dengan mengusung tema "Designing to contribute," Pameran ATRIA 2023 mengangkat tiga streams utama yang melibatkan isu-isu sosial, energi, sumber daya, perubahan iklim, perubahan alam, dan lingkungan.

Karya-karya yang dipamerkan merupakan hasil kurasi dari studio, Tugas Akhir, Tesis Desain, pemenang dan nominasi sayembara desain. Karya-karya tersebut berasal dari mahasiswa Arsitektur, Rancang Kota, dan Arsitektur Lanskap ITB, serta terdapat juga karya-karya dari Prodi Arsitektur PTNBH lain di Indonesia, dosen dan purnabakti Prodi Arsitektur ITB, serta alumni profesional.

Pameran ini diselenggarakan sebagai pre-event dari 6th Habitechno International Conference yang akan digelar pada 11 November 2023 mendatang di ITB. Pameran ATRIA menjadi wadah bagi mahasiswa, dosen, dan alumni yang akan menapaki karier arsitek profesional untuk memamerkan karya-karya terbaik mereka.

Pameran ATRIA ini melibatkan beberapa kurator ternama dalam industri arsitektur, antara lain Ar. Jimmy Purba, IAI, AA. (Ikatan Arsitek Indonesia/IAI), Dr.-Ing. Ir. Heru W. Poerbo, MURP, IARKI (Ikatan Arsitek Rancang Kota/IARKI), dan Dr. Firmansyah, S.T, M.T., IALI (Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia/IALI). Kurator-kurator ini bertanggung jawab dalam memilih dan menyusun karya-karya terbaik yang akan dipamerkan.

Kepala Divisi Panitia Pameran, Medria Shekar Rani, S.T., M.T., Ph.D., menjelaskan bahwa pameran ini memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung. "Kami mengubah ruang pameran menjadi 2 lantai dengan menggunakan scaffolding, alat bantu yang biasa digunakan dalam proses konstruksi bangunan," ungkapnya.
Konsep ini menekankan bahwa kegiatan pameran ini adalah bagian dari proses pembangunan nasional, di mana karya-karya yang dipamerkan dapat berkontribusi secara tidak langsung kepada masyarakat.

Selain pameran, ATRIA juga menyelenggarakan kegiatan lain seperti Project Showcase, Talkshow, dan Workshop. Setiap akhir minggu, kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk menambah wawasan para praktisi, akademisi, dan mahasiswa, serta memperkenalkan dunia arsitektur kepada masyarakat umum.

Melalui pameran ATRIA Architectural Design Exhibition, ITB dan seluruh pemangku kepentingan di bidang arsitektur berharap dapat mendorong pertumbuhan industri arsitektur yang berkualitas dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam menyelesaikan tantangan sosial, energi dan sumber daya, serta perubahan iklim, alam, dan lingkungan yang dihadapi saat ini.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download