Aviation-174: Melayang dalam Imajinasi di Pameran Karya

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor Amelia Rahma Faustina

BANDUNG, itb.ac.id - Campus Center (CC) Timur ITB disulap menjadi bandara. Itulah yang terjadi saat acara pameran karya mahasiswa , alumni Desain Komunikasi Visual (DKV) ITB dan beberapa delegasi kampus lain tersebut  berlangsung pada Kamis-Jumat (24-25/02/11). Dengan mengusung tajuk "Aviation-174", pameran karya ini mengajak  para pengunjung melayang dengan imajinasi  dalam setiap karya yang terpajang.

Saat memasuki pintu CC, pengunjung disambut dengan barisan pramugara dan pramugari berseragam yang mengarahkan pengunjung ke dalam. Di dalam, pengunjung disambut dengan dekorasi menyerupai pemeriksaan bagasi di bandara. Setelah melewati dekorasi tersebut, terdapat karya-karya terpajang. Jenis karya yang ditampilkan beragam: karya ilustrasi, fotografi, iklan cetak, layout & tipografi, dan multimedia. Karya kontribusi mahasiswa DKV ITB dalam desain atribut acara kampus seperti seragam ITB Fair, PROKM, dan lain-lain juga dipajang dalam bentuk gambar cetak.

Karya- karya tersebut sebagian adalah karya yang sengaja dibuat khusus untuk acara ini dan sebagian lainnya adalah tugas kuliah serta self project. Ada pula portofolio- portofolio hasil karya mahasiswa yang dibuat tidak biasa. Portofolio yang biasanya dibuat dalam bentuk 2D, ditampilkan dalam bentuk 3D dengan desain yang unik. Sebagai contoh,  ada yang membuat portofolio dengan bentuk kotak bekal makanan beserta replika makanan di dalamnya dan ada pula yang membuat portofolio diwadahi oleh kotak berbentuk jendela yang bertirai.


"Kami mengusung tema Aviation karena seperti bandara yang menjadi tempat perpindahan dari satu tempat ke tempat lain, kami berharap pameran ini dapat menjadi tempat mahasiswa DKV ITB transit sebelum memasuki dunia kerja di masa depan," ujar Yosua Adi (DKV 2007) selaku ketua acara. "Dengan pameran karya ini, mahasiswa dapat mempromosikan dirinya ke masyarakat dan masyarakat juga dapat mengapresiasi hasil karya para mahasiswa."


Salah seorang pengunjung pameran, Devina (Arsitektur 2008) menyatakan bahwa acara- acara seperti ini sangat bagus dan dapat menginspirasi. "Karya- karya mahasiswa dan alumni DKV ITB yang terpajang di dalam menurut saya dapat bersaing di tingkat internasional. Kompetensi mereka tidak diragukan lagi," katanya. "Karya yang menurut saya paling menarik adalah Children's Storybook on iPad buatan Ferina Rose dan tim yang berupa permainan interaktif."
 


scan for download