Bangun Lab Energi Terbarukan, ITB Jalin Kerjasama dengan Korea Midland Power

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung menjalin nota kesepahaman bersama atau MoU dengan Korea Midland Power Company., Limited (KOMIPO). Kerjasama tersebut ditandai dengan tanda tangan bersama antara kedua pihak yang berlangsung di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari No. 64 Bandung, Selasa (23/4/2019).


Adapun, cakupan kerjasama tersebut meliputi pembuatan Labotarium Energi Terbarukan yang akan dinamai “ITB-KOMIPO LABORATORY”, pemberian beasiswa, program rekrutmen dan magang, berbagi dalam riset energi terbarukan, penyediaan program pertukaran akademik, penyediaan bantuan langsung ataupun tidak langsung oleh kedua belah pihak dalam implementasi aktivitas atau proyek kerjasama.

President Director and CEO KOMIPO, Park Hyung Koo mengatakan, MoU ini sangat penting bagi KOMIPO karena dapat meningkatkan kerjasama antara Indonesia dengan Korea Selatan. Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi KOMIPO karena ada beberapa proyek yang dikerjakan di Indonesia.



“Kalau ITB dapat memiliki lab energi terbarukan yang akan dibangun, setelah MoU hari ini, lulusan ITB bisa mendapatkan banyak hasil dari lab tersebut,” ujarnya. Dia berharap melalui kerjasama ini semoga dapat berkontribusi pada perkembangan teknologi antara Indonesia dan Korea Selatan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB, Prof. Dr.Ir. Bambang Riyanto Trilaksono menyambut baik atas kerjasama tersebut. Ia mengatakan, bahwa ITB telah berdiri sejak 1920 dan saat ini memiliki 12 Fakultas/Sekolah yang terbagi kedalam empat kluster keilmuan yaitu bidang teknik, sains, seni dan manajemen. 


Dalam kesempatan tersebut, Prof. Bambang menyampaikan bahwa kolaborasi dengan ITB ini akan berkontribusi dalam perkembangan teknologi di Indonesia, khususnya dalam bidang tenaga listrik. “Saya berharap, melalui MoU ini banyak kontribusi bisa dihasilkan oleh ITB dan KOMIPO kedepannya,” pungkasnya.

Selain menandatangani MoU, pada kesempatan tersebut, Komipo juga menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada mahasiswa ITB baik itu dalam program sarjana, magister dan doktor. Penyerahan beasiswa tersebut sebagai turunan dari MoU yang telah dilaksanakan.


scan for download