Cara Membuat CV yang Efektif, Bahasan Utama Saturday Lesson ITBCC dan Lion Parcel

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui ITB Career Center (ITBCC) kembali menggelar Saturday Lesson yang kali ini bekerja sama dengan Lion Parcel, dengan tema “How to Write CV Effectively”, yang dilaksanakan pada Sabtu (23/3/2024) melalui platform daring.

Kegiatan ini dihadiri oleh sivitas akademika dan alumni ITB untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Saturday Lesson kali ini menghadirkan Angelina Siahaan, Head of People dari Lion Parcel, sebagai pembicara yang membagikan tip dan trik dalam menyusun CV secara efektif.

Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan ITB, Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., membuka acara dan menekankan pentingnya kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

“Dari pendaftarnya cukup tinggi, karena terkait CV ini satu hal yang penting dan mungkin tidak ada (dalam) mata kuliah di ITB. Sedangkan, CV untuk mencari pekerjaan itu bisa menjadi satu bagian yang penting dan biasanya itu yang dinilai pertama oleh perusahaan. Manfaatkan kesempatan ini karena di sini sudah hadir teman-teman profesional dari Lion Parcel yang akan memberikan tip and trik sebuah CV bisa menarik,” ujar beliau.

Angelina menyampaikan bahwa CV merupakan dokumen komprehensif yang memberikan gambaran lengkap mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan capaian seseorang. Selain untuk melamar pekerjaan, CV digunakan untuk melamar beasiswa, promosi, atau kegiatan lainnya.

Beliau menjelaskan bahwa CV yang baik harus ditulis dengan jelas dan ringkas, menonjolkan kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Selain itu, penting untuk menggunakan bahasa yang profesional dan menghindari kesalahan tata bahasa serta ejaan. CV yang ditulis dengan baik ini akan meningkatkan percaya diri saat melamar pekerjaan dan menunjukkan profesionalisme.

Beliau pun membahas komponen-komponen penting dalam CV, seperti personal data, kemampuan, pendidikan, dan pengalaman kerja. CV pun harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar dan menonjolkan keterampilan yang paling relevan. Beliau menyarankan agar pelamar jujur dalam menyajikan informasi di CV dan selalu memperbarui CV dengan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian terbaru.

Saturday Lesson kali ini memberikan wawasan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun CV secara efektif. Dengan pengetahuan dan tip yang didapat dalam acara ini, mahasiswa ITB diharapkan dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi proses pencarian kerja di masa depan.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)


scan for download