Delegasi ITB Untuk HNMUN 2012 Wakili Libya

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor Amelia Rahma Faustina

BANDUNG, itb.ac.id - Tahun ini adalah kali ketujuh delegasi ITB akan berpartisipasi dalam acara Harvard Model United Nation (HNMUN) yang akan berlangsung pada 16 -  19 Februari 2012 di Boston, Amerika Serikat. Dalam kompetisi simulasi sidang PBB tersebut tim ITB akan mewakili negara Libya, sebuah negara yang baru saja bebas dari konflik internalnya, namun memiliki posisi amat penting di dunia internasional. Pada HNMUN 2012, delegasi ITB yang terdiri dari 17 mahasiswa berasal dari berbagai jurusan tersebut juga berkesempatan diundang oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia di New York untuk menghadiri jamuan KJRI New York serta mengunjungi markas besar PBB di New York.

Pada konferensi pers yang berlangsung pada Kamis (09/02/12), Prof. Kadarsah selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mengatakan bahwa ITB sangat mendukung keterlibatan mahasiswanya dalam acara tersebut sebagai salah satu wujud internasionalisasi ITB. Student Mobility, salah satu kebijakan internasionalisasi ITB, mendukung mahasiswa untuk melakukan pertukaran baik kurikuler, misalnya mengerjakan Tugas Akhir di universitas partner ITB, maupun ekstrakurikuler seperti HNMUN. "Untuk mahasiswa, ini (HNMUN -red) merupakan kesempatan untuk menjalani pergaulan internasional," ujarnya.

Dari dan Untuk Mahasiswa

Tidak banyak delegasi dari universitas di Indonesia yang dipercaya untuk mewakili negara seperti Libya, yang termasuk berat untuk direpresentasikan. Selain riset individual, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kepercayaan tersebut, delegasi ITB berlatih secara rutin dibawah koordinasi Ganesha Model United Nation Club (GMUN), sebuah lembaga kemahasiswaan yang mewadahi minat mahasiswa ITB mengikuti MUN. Mahasiswa ITB yang telah menjadi alumni MUN seluruh dunia bertindak sebagai mentor pendamping bagi setiap delegasi. Pelatihan yang diberikan diantaranya mencakup teknik riset yang efektif, membuat position paper, serta teknik diplomasi.

Hingga saat ini, tim ITB untuk HNMUN 2012 tidak didampingi oleh dosen, melainkan senior yang telah lebih berpengalaman mengikuti MUN sebelumnya. Semua prosesnya, mulai dari seleksi hingga menjelang keberangkatan seluruhnya dilakukan oleh mahasiswa sendiri.


scan for download