Desain Interior ITB: Satukan Persepsi tentang Ruang Lewat Paradigma 2014

Oleh Medhira Handinidevi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Rabu (12/03/14), Aula Timur ITB dihiasi dengan berbagai cipta karya dari mahasiswa Program Studi Desain Interior ITB. Paradigma 2014 adalah sebuah pameran karya tentang gubahan ruang yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Desain Interior ITB (IMDI ITB) yang bertujuan untuk menyatukan berbagai persepsi individu tentang ruang dan menyuarakan pada seluruh massa kampus bahwa ruang bukanlah sekedar wadah mati saja melainkan memiliki nyawa.
Acara yang terdiri dari pameran karya, booth delegasi kampus, seminar, dan talkshow ini berlangsung pada Rabu - Jumat (12-14/03/14) dan dihadiri oleh berbagai mahasiswa desain interior asal universitas se-Bandung. Tak hanya karya mahasiswa IMDI ITB saja yang dipamerkan, terdapat juga booth berisi karya mahasiswa dari Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Institut Teknologi Nasional (ITENAS) dan Institut Teknologi Telkom (ITT). Mulai dari furniture rotan, maket, hingga  rancangan desain interior, karya-karya yang dipamerkan adalah buah tangan dari mahasiswa angkatan 2011 dan 2012.

Menariknya, di Paradigma 2014 ini terdapat galeri khusus, yaitu instalasi dengan skala 1:1 yang menawarkan pengalaman baru dan merupakan esensi utama dalam seluruh rangkaian acara ini. Galeri yang  hanya dapat dikunjungi di waktu-waktu tertentu ini menyajikan segala persepsi individu tentang suatu ruang, mulai dari sedih, marah, hingga senang. Harapannya, lepas dari acara ini memberikan kesan penting bahwa suatu ruang bukanlah objek mati semata namun memiliki nyawa yang menghiasinya.

Rangkaian acara yang resmi dibuka oleh Dekan FSRD, Dr. Imam Santosa, M. Sn dan dimeriahi oleh penampilan seni dari TPB FSRD 2013 ini tak lepas dari bantuan berbagai pihak. "Kami berterimakasih kepada semua dosen serta asisten dosen yang telah banyak memberi masukan dalam acara ini hingga akhirnya acara inti tercapai," ujar Adrian, Ketua IMDI ITB. Selepas acara pembukaan yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa, terdapat seminar dengan judul Eksplorasi Ruang yang juga diadakan di Aula Timur. Selain itu ada talkshow dan pada Kamis (13/03/14) juga terdapat penampilan musik akustik untuk menemani pengunjung yang ingin menikmati pameran karya, galeri dan booth  yang telah disediakan.

scan for download