QS World University Rankings 2020: ITB Terbaik Kategori Rekayasa dan Teknologi serta Ilmu-ilmu Alam

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Quacquarelli Symonds World University Rankings atau QS WUR baru-baru ini telah merilis hasil pemeringkatan universitas-universitas di dunia tahun 2020. Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun ini berada di peringkat ke-331. Posisi ITB naik dari yang sebelumnya peringkat 359 di tahun 2019.



 Selain itu, pada rilis tahun 2020, QS WUR menempatkan ITB sebagai universitas terbaik di Indonesia untuk kategori Rekayasa dan Teknologi (Engineering and Technology) dan Ilmu-ilmu Alam (Natural Sciences). Penempatan ini mengikuti laporan QS WUR yang memeringkatkan ITB di 3 broad subject area dan 12 specific subject areaBidang umum Ilmu-ilmu Alam ITB dan lima bidang spesifik lainnya adalah satu-satunya dari Indonesia yang terperingkatkan di QS WUR.

Ketua Satuan Penjaminan Mutu (SPM) ITB, Poerbandono menyampaikan, kenaikan peringkat ITB di QS WUR menunjukkan adanya kemajuan pencapaian ITB di mata lembaga pemeringkat universitas dunia, dalam hal ini QS WUR. “Kenaikan yang ditunjukkan tentu dipengaruhi oleh kemajuan universitas-universitas lain yang diperingkatkan,” ujarnya kepada Humas ITB, Selasa (7/4/2020).

 Berbeda dengan lembaga pemeringkatan lain, dijelaskan Poerbandono, untuk QS WUR, indikator peringkat sebuah universitas ditentukan oleh fakta dan opini. Masing-masing menyumbang separuh dari penentuan peringkat. Fakta didasarkan pada data internasionalisasi, yakni kutipan, nisbah dosen per mahasiswa, nisbah mahasiswa internasional, dan nisbah dosen internasional. “Sementara, opini didasarkan pada hasil survei melalui kuisioner kepada pengguna lulusan dan sejawat akademik yang kemudian akan mewakili reputasi sebuah universitas. Indikator yang paling besar pangsanya terhadap penentuan peringkat adalah reputasi akademik yang kemudian diikuti oleh kutipan dan nisbah dosen per mahasiswa,” ujarnya.

 Sementara itu, di laporan Prof. Bambang Riyanto Trilaksono, pada QS WUR terbaru ini, ITB membukukan sebanyak 12 bidang dalam peringkat universitas dunia tahun 2020. Dari 12 bidang tersebut, ITB menempatkan 10 bidang pada peringkat satu di Indonesia, yakni bidang-bidang yang terkait dengan ilmu-ilmu alam dan rekayasa dan teknologi. Lima bidang di antaranya yang satu-satunya dari Indonesia berada di peringkat dunia adalah Seni & Desain, Teknik Sipil & Struktur, Ilmu Material, Matematika, dan Fisika & Astronomi. “Tahun sebelumnya, hanya ada delapan bidang ITB yang terperingkatkan di QS WUR. Empat bidang ITB yang menjadi pendatang baru dalam daftar peringkat dunia adalah Arsitektur, Teknik Sipil & Struktur, Ilmu Bahan, Pertanian & Kehutanan,” ujar Prof. Bambang.

 Adapun disampaikan Poerbandono, untuk target yang ingin dicapai, terutama oleh jajaran pimpinan ITB saat ini adalah memperbaiki penempatan ITB di urutan peringkat universitas dunia dari sebelumnya dengan segenap program-program yang telah disusun oleh masing-masing unit terkait.


scan for download