Kyudai Now, Forum Sosialisasi Penelitian Kyushu University dan ITB

Oleh Iko Sutrisko Prakasa Lay - Mahasiswa Matematika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai institusi yang terus berupaya memfasilitasi kolaborasi akademis di tingkat lokal dan global, Institut Teknologi Bandung (ITB) selalu berkomitmen menjadi wadah bagi aktivitas intelektual dan budaya yang unggul. Melalui Biro Kemitraan, ITB bersama Kyushu University, Jepang, menggelar Kyushu University Forum “Kyudai Now” di Aula Timur, ITB Kampus Ganesha, Rabu (28/8/2024). Forum ini mengangkat tema “Collaborative Partnerships for Enhancing Research and Education” yang bertujuan memperkuat kerja sama antara kedua perguruan tinggi dalam bidang penelitian dan pendidikan.

Dalam forum “Kyudai Now” ini, ITB dan Kyushu University memperkenalkan dan berbagi informasi terkini mengenai penelitian yang telah dilakukan. Forum ini dibuka dengan sambutan dari Vice President of Kyushu University, Prof. Shimizu Shuji, yang menjelaskan bahwa “Kyudai Now” merupakan inisiatif untuk memperkenalkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh pihak mereka kepada masyarakat di Asia, khususnya Indonesia.

Program ini telah dilaksanakan sejak 2023. Pertama kali dilakukan di Thailand, diikuti Indonesia, Vietnam, Malaysia, Bangladesh, dan Mongolia. Program “Kyudai Now” 2024 di Bandung merupakan kali ketiga dilaksanakan di Indonesia, sebelumnya digelar di Jakarta dan Yogjakarta.

“Kyudai Now bertujuan untuk memperkenalkan kepada Anda apa saja penelitian yang telah kami lakukan di Kyushu University, serta memberikan informasi terbaru kepada peneliti dan masyarakat di Indonesia,” ujar Prof. Shimizu.

Beliau menjelaskan bahwa forum ini berbeda dengan forum akademis lainnya karena topik yang dibahas mencakup berbagai bidang, di antaranya medis, teknik, ilmu humaniora, dan energi, sehingga peserta diharapkan dapat memperoleh wawasan dari berbagai disiplin ilmu.

Kepala Bagian Urusan Kolaborasi Internasional, Biro Kemitraan ITB, Andika Putra Pratama, M.S.M., Ph.D., juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin dengan Kyushu University. Andika menyoroti pentingnya acara ini dalam mendorong kolaborasi baru antara peneliti dari kedua perguruan tinggi. Beliau berharap acara tersebut dapat memicu lahirnya ide-ide baru yang dapat menginspirasi para peneliti untuk bekerja sama lebih erat di masa mendatang.

“Kami sangat senang dapat menyelenggarakan acara ini, dan dengan adanya forum ini, kami berharap akan ada banyak ide yang muncul dan menginspirasi kolaborasi lebih lanjut antara para peneliti dari kedua perguruan tinggi,” ujarnya.

Selain presentasi dari para profesor dan peneliti, acara ini menghadirkan stan informasi dari Kyushu University yang memberikan berbagai informasi mengenai peluang studi di Jepang, beasiswa, dan proses pendaftarannya.

ITB melalui acara ini terus berupaya memperkuat jejaring global demi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui forum ini, ITB berharap akan lahir kolaborasi-kolaborasi baru yang membawa dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan, baik di Indonesia maupun di dunia.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)


scan for download