Digital Transformation Towards Smart-X #2: Menelitik Transformasi Digital pada Sistem Perbankan

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Kelompok Keahlian (KK) Teknologi Informasi STEI ITB mengadakan gelar wicara bertajuk “Digital Transformation Towards Smart-X #2” pada Kamis, 25 Agustus 2022 lewat Zoom.

Narasumber pada gelar wicara kali ini, Dr. Indra Utoyo sebagai dosen industri STEI ITB sekaligus CEO AlloBank memaparkan tentang bagaimana adopsi digital dapat dilakukan untuk melakukan transformasi smart-banking pada bank konvensional dan industri keuangan. Transformasi Digital dipercaya dapat membuka prospek-prospek baru dalam dunia perbankan seperti pembayaran digital, ritel, hingga asuransi.

Menurut Dr. Indra, perkembangan smart banking juga didukung oleh masa emas re-invention bisnis yang sangat memungkinkan perkembangan teknologi cerdas. Perkembangan tersebut didukung oleh perkembangan digital, perkembangan manusia (generasi fasih teknologi), dan keadaan pandemi yang dinilai sebagai pemercepat transformasi yang mampu mengintegrasikan proses perbankan dalam satu pintu dengan memanfaatkan smart system.

Sementara itu tema teknologi smart system dibahas oleh narasumber lainnya, Dr. Ir. Arry Akhmad Arman, M.T. Pada sesi kedua, ia menjelaskan bahwa teknologi mampu memungkinkan transformasi sebuah ekosistem digital dengan frontier technology seperti analisis big data. “Kalau ingin disebut transformasi, maka perubahannya harus besar. Bukan perubahan yang sifatnya smooth dalam tempo yang panjang,” jelas Dr. Arry mengenai definisi transformasi.

Smart system sendiri merupakan rangkaian aktivitas berupa sensing, understanding, dan decision making. Tahapan-tahapan tersebut sebelumnya dijalankan oleh manusia, namun dengan pemanfaatan teknologi, aktornya perlahan-lahan bergeser dari human-intensive system, menjadi human-supported-by-technology, hingga akhirnya menjadi technology-intensive system. Kasus-kasus aktivitas yang dilakukan penuh dengan automasi teknologi itu yang disebut technology-intensive system, dan dapat diterapkan di area multidisiplin, termasuk perbankan.


Gelar wicara ini menjadi kelas pembuka Mata Kuliah Keprofesian STI yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng., selaku dosen pengampu MK Keprofesian STI dan Ketua KK Teknologi Informasi. Dalam pembukaan, Prof. Suhono memaparkan tentang fokus KK Teknologi Informasi dalam Innovation for Smart and Secure Society.

Fokus tersebut selaras dengan tajuk gelar wicara, Transformasi Digital menuju Smart-X, dengan Smart-X yang dapat berarti smart-city, smart-village, hingga smart-banking.

Reporter: Ananta Muji (Sistem dan Teknologi Informasi, 2019)


scan for download