Ditdik ITB Kenalkan Informasi dan Peraturan Akademik untuk Mahasiswa Baru 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Menuju tahun ajaran baru 2023/2024, ITB menyelenggarakan rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) bagi para calon mahasiswa baru. Salah satu kegiatannya yaitu sesi Pengenalan Sistem Informasi Akademik (SIX) & Peraturan Akademik yang dilaksanakan pada Selasa (01/08/2023) secara daring.

Sesi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru Program Sarjana jalur Seleksi Mandiri (SM), Afirmasi & Kelas Internasional, serta Program Pascasarjana & Profesi. Adapun sesi untuk calon mahasiswa baru Program Sarjana jalur SNBP dan SNBT telah dilaksanakan pada Juli 2023.

Direktorat Pendidikan (Ditdik) ITB hadir menjadi narasumber, yang diwakili oleh Kepala Subdirektorat Monitoring dan Evaluasi Pendidikan, Dr. Ir. Dianika Lestari, S.T., M.T., serta Kepala Subdirektorat Administrasi Pendidikan, Dr. Paramashanti, S.T., M.T. Agenda ini dipandu oleh Duta Kampus ITB 2023 bidang Duta Wirausaha, Wildan Firmansyah (Kewirausahaan 2024).

Materi diawali dengan penjelasan peraturan akademik ITB. Dr. Dianika menyebutkan isi peraturan akademik ITB yang meliputi program pendidikan, penerimaan mahasiswa baru, pendaftaran ulang, layanan akademik, prestasi akademik mahasiswa dan penyelesaian tahap pendidikan, waktu studi, mahasiswa pindah program studi, mahasiswa non regular, dan lain-lain.

Dr. Paramashanti menyampaikan penting untuk mengetahui program pendidikan yang ada di ITB, yaitu program penyatuan program, kurikulum, semester regular, semester pendek, Satuan Kredit Studi (SKS), pengambilan kuliah, hingga kegiatan akademik di luar kampus.

“Berdasarkan Peraturan Akademik ITB, mahasiswa juga berhak memperoleh layanan akademik berupa perkuliahan, ujian, kalender pendidikan, beban kuliah, beban lebih untuk percepatan studi, dan perwalian akademik,” ujarnya.

Pemaparan dilanjutkan dengan pengenalan Sistem Informasi Akademi ITB (SIX). SIX merupakan website akademik ITB dengan tautan https://akademik.itb.ac.id/. Di dalamnya termuat jadwal kuliah, dokumen akademik dan pengumuman yang seluruhnya terintegrasi secara daring.

“Integrasi SIX juga telah disesuaikan dengan peraturan akademik ITB sehingga memudahkan perkuliahan,” ujar Dr. Dianika.

Dalam menjalani perkuliahan, mahasiswa akan selalu menggunakan SIX untuk seperti untuk melakukan presensi, mengisi Form Rencana Studi (FRS), melihat jadwal kelas beserta ruangan, hingga mengetahui Indeks Prestasi (IP).

Melalui sesi ini, diharapkan mahasiswa baru dapat memahami informasi beserta peraturan akademik yang akan diterapkan saat perkuliahan nantinya.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download