ITB Kenalkan Informasi dan Peraturan Akademik untuk Mahasiswa Baru 2023

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Menuju tahun ajaran baru 2023/2024, ITB menyelenggarakan rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) bagi para calon mahasiswa baru. Salah satu kegiatannya yaitu sesi Pengenalan Sistem Informasi Akademik (SIX) dan Peraturan Akademik yang dilaksanakan pada Selasa (01/08/2023) secara daring.


Sesi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru Program Sarjana jalur Seleksi Mandiri (SM), Afirmasi dan Kelas Internasional, serta Program Pascasarjana dan Profesi. Adapun sesi untuk calon mahasiswa baru Program Sarjana jalur SNBP dan SNBT telah dilaksanakan pada Juli 2023.

Direktorat Pendidikan ITB hadir menjadi narasumber, diwakili oleh Dr. Ir. Dianika Lestari, S.T., M.T., selaku Kepala Subdirektorat Monitoring dan Evaluasi Pendidikan, serta Dr. Paramashanti, S.T., M.T., selaku Kepala Subdirektorat Administrasi Pendidikan. Agenda ini dipandu oleh Duta Kampus ITB 2023 bidang Duta Wirausaha, Wildan Firmansyah (Kewirausahaan, 2024).

Materi diawali dengan penjelasan peraturan akademik yang meliputi peraturan untuk mahasiswa, kalender akademik, program studi, PMB, daftar ulang, layanan akademik, prestasi dan lain-lain. Pemaparan dilanjutkan dengan pengenalan Sistem Informasi Akademik ITB (SIX).

SIX merupakan website akademik ITB dengan tautan https://akademik.itb.ac.id/. Di dalamnya termuat jadwal kuliah, dokumen akademik dan pengumuman yang seluruhnya terintegrasi secara daring. Integrasi SIX juga telah disesuaikan dengan peraturan akademik ITB sehingga memudahkan perkuliahan.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download