Ditmawa dan BK ITB Uji Coba Aplikasi GaneCare, Fasilitasi Komunikasi Mahasiswa dengan Pendamping Sebaya

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id – Bimbingan Konseling (BK) melalui Pendamping Sebaya (PS) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar “On Boarding x Pelatihan Aplikasi GaneCare” di Gedung Center for Infrastructure and Built Environment (CIBE) ITB Kampus Ganesha, Sabtu (4/5/2024). Acara tersebut dihadiri oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, memperkenalkan sekaligus melakukan uji coba penggunaan aplikasi GaneCare, yang akan digunakan oleh para Pendamping Sebaya dalam memberikan bantuan kepada teman-teman sebaya yang membutuhkan.

GaneCare merupakan aplikasi besutan Ditmawa bidang Kesejahteraan Mahasiswa bekerja sama dengan BK ITB sebagai media yang nantinya digunakan mahasiswa yang membutuhkan bantuan, seperti pendaftaran ke psikolog atau bimbingan konseling lainnya. Tujuan utama penggunaan aplikasi ini adalah untuk mempercepat akses mahasiswa terhadap layanan bantuan dan memfasilitasi komunikasi antara mahasiswa dengan pendamping sebaya.

Sejumlah fitur yang sudah ada dalam GaneCare ini, yakni moodtracker, pencarian pendamping sebaya berdasarkan kategori tertentu (jenis kelamin, program studi, dan lain-lain), realtime chat bersama pendamping sebaya, hingga berbagai informasi beasiswa yang sedang dibuka dan yang dapat diajukan.

Saat ini, aplikasi GaneCare sudah dapat diunduh di Play Store untuk perangkat Android, dengan status dalam masa uji coba. Sementara itu, untuk perangkat IOS masih dalam tahap pengembangan.

   

Dalam kegiatan tersebut, materi tentang penggunaan aplikasi GaneCare disampaikan mahasiswa yang sedang menempuh program profesi psikolog, yang saat ini tergabung sebagai asisten BK ITB. Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan aplikasi tersebut, serta memberikan panduan kepada para pendamping sebaya tentang cara menggunakan aplikasi tersebut secara efektif. Developer aplikasi juga turut dihadirkan untuk menampung berbagai saran dan aspirasi mahasiswa dalam pengembangan aplikasi.

Kepala Subdirektorat Kesejahteraan Mahasiswa, Ir. Hendri Syamsudin, M.Sc., Ph.D, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan harapannya dengan adanya aplikasi ini. “Harapan kami khususnya dari Direktorat Kemahasiswaan ITB, para mahasiswa lebih optimal dalam menempuh pendidikan di ITB. Karena, selain mereka bisa bertanya kepada dosennya mereka juga bisa mendapatkan bantuan dari teman-teman pendamping sebaya khususnya dengan masalah-masalah kesehatan mental ataupun juga dengan masalah adaptasi di ITB,” ujarnya.

   

Selain itu, beliau berharap pendamping sebaya tidak hanya terbatas di BK saja, tetapi juga di setiap fakultas dan sekolah. Dengan demikian, mahasiswa akan lebih mudah mendapatkan dukungan dari pendamping sebaya di lingkungan mereka sendiri.

Kegiatan ini menjadi kesempatan untuk mempererat ikatan antar pendamping sebaya tahun 2024. Mengingat para pendamping sebaya yang berasal dari berbagai fakultas dan sekolah, maka adanya kegiatan bonding seperti ini menjadi penting untuk memastikan kolaborasi yang efektif dalam menjalankan tugasnya.

Dengan adanya Aplikasi GaneCare, ITB berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan dan pengalaman belajar mahasiswa ITB untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Dokumentasi: Dok. PS ITB


scan for download