Donor Darah MBA ITB: Aksi Nyata Kepedulian Sosial Mahasiswa Pascasarjana ITB

Oleh Yasmin Aruni

Editor Yasmin Aruni

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Rabu (20/04/16), dilangsungkan aksi sosial donor darah di gedung Perpustakaan Pusat ITB. Kegiatan yang terbuka untuk umum ini diselenggarakan oleh Master of Business Administration ITB (MBA ITB) yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Acara ini direncanakan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 14.00. Namun karena stok labu darah yang didapatkan sudah mencukupi, acara ini ditutup pada pukul 12.30.

Tidak semua orang diperbolehkan untuk mendonorkan darah. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah berat badan minimum 45 kilogram, tidur lebih dari 5 jam pada malam sebelumnya, tekanan darah normal, hemoglobin mencapai 12, tidak sedang sakit ataupun mengonsumsi obat, dan sudah makan maksimal dua jam sebelum mendonorkan darahnya.

Wulan (MBA Batch 54) selaku penanggung jawab kegiatan sosial ini menjelaskan bahwa aksi donor darah merupakan salah satu acara dari rangkaian kegiatan yang diadakan oleh MBA ITB. Sebelumnya, MBA ITB telah menyelenggarakan  turnamen pada beberapa bidang olahraga, yaitu futsal, bulu tangkis, dan biliar. Turnamen-turnamen tersebut dihadiri oleh seluruh civitas MBA ITB, mulai dari mahasiswa, dosen, pegawai, hingga petugas kebersihan dan satpam MBA ITB. Setelah turnamen-turnamen tersebut selesai, diadakan kegiatan sosial ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Rangkaian kegiatan seperti ini baru pertama kali diadakan di MBA ITB, namun diharapkan dapat menjadi hal yang rutin.

Sekilas Mengenai MBA ITB

ITB mendirikan Master of Management Technology ITB (MM Technology ITB) pada 30 September 1990 sebagai bentuk kontribusi ITB untuk meningkatkan perkembangan ekonomi Indonesia. Pada Desember 2003, ITB membuat sebuah fakultas baru yang bernama Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. SBM ITB tidak hanya memberikan pengetahuan di dalam ruang kelas, namun juga pengalaman praktik yang akan sangat membantu dalam dunia kerja setelah lulus. Seiring berjalannya waktu, MM Technology ITB diintegrasikan ke SBM ITB sebagai Master of Business Administration ITB (MBA ITB).

Musa Kazhim - 13414060
ITB Journalist Apprentice 2016


scan for download