Dr. Zulfakriza Bagikan Tips Jitu Sukseskan Presentasi Ilmiah di 49th PIT HAGI

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

49th PIT HAGI gelar Technical Workshop Oral and Poster Presentation bersama Associate Professor ITB, Sabtu (27/7/2024). (Dok. HAGI)

BANDUNG, itb.ac.id - Dr. Ir. Zulfakriza, S.Si., M.T., Dosen dari Kelompok Keahlian Geofisika Global, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (FTTM ITB), memberikan pematerian dalam Technical Workshop bertema "Oral and Poster Presentation", Sabtu (27/7/2024). Workshop ini diadakan sebagai persiapan menjelang acara 49th PIT HAGI, yang akan mempertemukan para ahli geofisika dari berbagai penjuru.

Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) adalah organisasi profesional nirlaba yang terdiri atas ahli geofisika Indonesia dengan latar belakang profesional dan beragam industri. Organisasi ini menyelenggarakan konferensi dua tahunan, yakni Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT), yang bergiliran digelar di berbagai daerah. Tujuan dari pertemuan tersebut untuk menyediakan platform bagi ilmuwan bumi dari berbagai sektor, termasuk industri, pemerintah, akademia, dan organisasi nirlaba, untuk mendiskusikan kemajuan terbaru dalam penelitian dan teknologi geofisika serta ilmu kebumian.

Potret peserta Technical Workshop 49th PIT HAGI. (Dok. Rayhan Adri Fulvian)

Dr. Zulfakriza, yang juga Sekretaris Jenderal HAGI periode 2022-2024, membahas pentingnya publikasi ilmiah dalam pengembangan keilmuan, serta menjelaskan siklus penelitian yang terdiri atas think and plan, discover, gather and analyze, write and publish, hingga share/impact.

Beliau menguraikan manfaat mengikuti konferensi, seperti memperbarui pengetahuan, menjalin hubungan dengan kolega, membuka peluang kerja sama penelitian, dan mendapatkan pendidikan lanjut. Dalam sesi teknis, beliau memberikan panduan tentang menyusun publikasi ilmiah, termasuk presentasi lisan, presentasi poster, dan penulisan manuskrip.

Adapun presentasi poster harus mencantumkan judul, ID abstrak, nama penulis, data dan metodologi, hasil, kesimpulan, serta referensi. Untuk penulisan manuskrip, prosesnya mencakup penelitian, persiapan, evaluasi internal, pengecekan bahasa, hingga submit dan peer review. "Manuskrip yang baik harus memiliki judul, abstrak, pendahuluan, data dan metode, hasil, diskusi, kesimpulan, ucapan terima kasih, dan referensi," katanya. Selain itu, beliau mengingatkan agar meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, kerja keras, dan komunikasi yang baik untuk sukses dalam presentasi.

Dengan pematerian yang disampaikan oleh Dr. Zulfakriza, peserta diharapkan mampu memberikan yang terbaik untuk presentasi ilmiah, lebih siap dan percaya diri untuk menyampaikan hasil penelitian secara efektif dan profesional di acara 49th PIT HAGI, serta berkontribusi dalam kemajuan ilmu geofisika di Indonesia.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download