Entrepreneur Fair Festival: TEC ITB Berdayakan UMKM Lokal

Oleh Qonita Aulia Rahmatuulah - Mahasiswa Teknik Pangan, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Techno Entrepreneur Club (TEC) ITB menyelenggarakan TEC Festival Grand Summit 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai mata acara menarik, salah satunya Entrepreneur Fair Festival (Startup Expo), di selasar jalan Gedung CRCS hingga jalur depan Gedung CAS, ITB Kampus Ganesha, Minggu (22/9/2024).

Terdapat 20 stan yang diisi berbagai macam UMKM lokal, di antaranya Lungo Potato, The Big Cheese, Risoles Raos, Sarjana Warkop, Sekawan Kopi, Semesta Lapar, dan lain-lain. Tak hanya dari UMKM Food and Beverage saja, Entrepreneur Fair Festival menjadi wadah bagi UMKM yang bergerak di bidang lain seperti tata busana dan kecantikan. Beragam UMKM tersebut adalah Oxy Fit 24H, KAIA, Sesa Sesa, Elfiza Design, Glow Better, dan sebagainya.

Di antara UMKM tersebut, terdapat bisnis milik salah seorang mahasiswa ITB, yaitu Semesta Lapar. Bisnis ini dibangun oleh mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB yang melihat kebutuhan pasar dan mengembangkan produk rice bowl. Hingga kini bisnisnya semakin besar.

Selain menjadi wadah memperluas target konsumen serta meningkatkan brand awareness, StartUp Expo juga mempertemukan para UMKM sehingga dapat menjalin hubungan baik dan kerja sama sebagai sesama pengusaha ke depannya.

Selain itu, terdapat kegiatan Business Class. Hal ini merupakan salah satu mata acara dalam rangkaian TEC Festival yang bertujuan memberikan pemahaman kepada UMKM sebagai bentuk pemberdayaan dan akselerasi bagi pengusaha lokal.

Business Class sesi satu.

Business Class Sesi Satu menghadirkan Reza Yusuf Ali Nugraha yang membawakan materi "Optimizing Business Marketing Strategies in The Digital Era". Sesi ini diharapkan dapat mempersempit jarak antara pengusaha dan teknologi.

Sesi kedua disampaikan oleh Annisa dengan tajuk "Optimizing Business Finances Strategies in The Digital Era". Materi yang disampaikan memberikan pemahaman kepada UMKM terkait sistem audit dan pengarsipan keuangan yang baik.

“Kami ingin mewadahi UMKM-UMKM untuk berjualan, yaitu dengan adanya bazar ini. Kami juga menyediakan kegiatan Business Class untuk mewadahi UMKM berkembang. Kami melihat UMKM itu kreatif-kreatif, kami pun memberikan tempat untuk mengintegrasikan bimbingan dan wadah untuk mereka berjualan dan berkembang,” ujar Zulfikar, Project Officer TEC Festival 2024.

Reporter: Qonita Aulia Rahmatuulah (Teknik Pangan, 2022)


scan for download