Finalis Mahasiswa Berprestasi ITB 2024, Aurelia Villi Christy: Dari Jerami Jagung Menuju Mimpi Besar Pertanian Berkelanjutan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Aurelia Villi Christy, salah seorang finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2024 di Bandung, Sabtu (23/3/2024). (Dok. Aurelia Villi Christy)

BANDUNG, itb.ac.id – Aurelia Villi Christy, mahasiswa Program Studi Rekayasa Pertanian angkatan 2021, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati-Program Rekayasa (SITH-R), Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah seorang dari 12 finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2024.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2024 merupakan ajang tahunan yang dinaungi Direktorat Kemahasiswaan ITB. Dalam prosesnya terdapat berbagai tahapan penyeleksian.

Aurelia, yang akrab dipanggil Villi, merupakan mahasiswa yang aktif di bidang akademik maupun nonakademik. Sebelumnya, Villi pernah mengikuti berbagai lomba, seperti lomba karya tulis ilmiah, business case competition, dan menjadi salah seorang finalis dalam kompetisi yang diadakan Nutrifood. Dari keaktifannya tersebut, Villi direkomendasikan oleh asisten akademik Prodi Rekayasa Pertanian untuk mengikuti ajang tersebut.

Selama persiapan menjelang pemilihan, Villi kerap berdiskusi dengan dosen pembimbing, ketua prodi, dan asisten akademik terkait gagasan yang ingin disampaikan agar hal tersebut dapat disampaikan dengan baik. Selain itu, Villi mengasah kemampuan presentasi dan komunikasi berbahasa inggrisnya agar dapat menyampaikan gagasan dengan optimal dan percaya diri.

Gagasan yang dibawakan Villi berjudul “Inovasi Bahan Poliuretan Berbasis Campuran Jerami Jagung dan Tepung dengan Penambahan DMPP sebagai Pelapis Pupuk Urea Granulasi dengan Efek Pelepasan Terkendali untuk Pertanian Berkelanjutan”. Dengan gagasan itu, Villi berharap dapat merepresentasikan Rekayasa Pertanian di tingkat ITB, maupun tingkatan yang lebih luas.

“Akhirnya aku bisa menceritakan jurusanku ke kancah ITB. Puji Tuhan, tahun ini aku diberikan kesempatan untuk merepresentasikan Prodi Rekayasa Pertanian dan SITH-R. Aku sendiri juga punya banyak impian terkait pertanian di Indonesia. I am able to share my ideas to them and making them realize about it membuat aku bangga dengan keilmuanku,” katanya.

Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama mengikuti rangkaian kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB 2024. Villi berharap dirinya dapat mengimplementasikan berbagai gagasannya yang lain, serta mengenalkan Rekayasa Pertanian ke lingkup yang lebih luas. “Harapannya adalah to create an impact and to raise awareness to the society about Agricultural Engineering. Semoga bisa ada kolaborasi juga dengan banyak pihak dalam membangun suatu program,” ujarnya.

Reporter: Nattaya Putri Syailendra (Rekayasa Kehutanan, 2022)


scan for download