Food Drive 2023: Bersatu Lawan Food Waste dan Bantu Sesama

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id – Kelompok Mahasiswa Manajemen (KMM) dan Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan (IMK) Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), berkolaborasi dengan Food Bank Bandung, mengadakan acara Food Drive 2023. Agenda ini diselenggarakan pada Senin-Jumat (23-27/10/2023) di SBM ITB.

Sebelumnya volunteer dari KMM pernah mengikuti Bandung Food Rescue 2023. Kegiatan tersebut merupakan sebuah gerakan yang dijalankan oleh Food Bank Bandung, untuk mengurangi jumlah bahan makanan yang berpotensi terbuang dengan melakukan redistribusi makanan berlebih kepada masyarakat rentan di Kota Bandung dan sekitarnya.

Salah satu rangkaian acara dari Bandung Food Rescue ini juga telah diselenggarakan pada Selasa (14/11/2023), yang berfokus pada limbah makanan. Caranya adalah dengan kegiatan penyelamatan makanan, persiapan makanan, serta distribusi makanan. Tim dari Food Bank Bandung, yang juga diikuti oleh KMM pun berhasil mengumpulkan makanan berlebih dari beberapa hotel, kemudian menyiapkan untuk didistribusikan, serta mengirimkannya ke berbagai lokasi, seperti ke sekolah, taman kanak-kanak, dan banyak lagi.

Tidak berhenti sampai situ, Food Rescue ini berlanjut dengan berbagai inisiasi, salah satunya Food Drive 2023. Food Drive 2023 sebuah inisiatif penyediaan wadah pengumpulan potensi makanan berlebih yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Project Officer Food Drive 2023, Aarum Safitri mengungkapkan bahwa acara yang diselenggarakan selama seminggu ini, durasinya lebih lama dibandingkan dari tahun lalu. “Lebih lama dibandingkan tahun lalu yang hanya 2 hari. Kami harap panjangnya waktu ini makin banyak juga yang berkontribusi,” ucapnya.

Kegiatan tersebut berlokasi di Lobby Gedung Freeport SBM ITB (Labtek XIX), Jalan Tamansari Bandung, mulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Kegiatan Food Drive ini bertujuan untuk membantu keluarga dan anak-anak yang kurang mampu dengan menyediakan makanan dasar seperti beras, minyak, mie instan, kornet/sarden, mentega, tepung, saus, kecap, garam, dan berbagai jenis produk susu, serta makanan ringan dan kemasan lainnya. Semua barang donasi akan diterima dengan senang hati. Kemudian, makanan yang terkumpul akan dijemput oleh pihak Food Bank Bandung pada hari Jumat.

Food Drive 2023 menjadi kesempatan bagi semua orang untuk berkontribusi dalam mengurangi pemborosan makanan dan membantu mereka yang membutuhkan. Selain itu, acara ini juga menekankan pentingnya kesadaran untuk tidak membuang makanan, karena sekecil apapun donasi yang diberikan dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan mereka yang membutuhkan.

"Harapannya bisa banyak yang berpartisipasi menyumbangkan makanan pokok disini, kalau berdasarkan distribusi makanan sebelumnya, efek dari acara ini sangat besar dalam membantu mereka", tutupnya.

Reporter: Eli Sulistyowati (Manajemen, 2024)


scan for download