Guru Besar Rekayasa Transportasi ITB Prof. Ofyar Z. Tamin Wafat

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id--Keluarga Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) berduka atas berpulangnya Prof. Dr. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., pada Rabu (9/6/2021). Beliau merupakan Guru Besar di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB dari KK Rekayasa Transportasi.

Prof. Ofyar merupakan Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) periode 2018-2022. Selain itu Almarhum merupakan Dekan Sekolah Pascasarjana ITB periode 2004-2010. Almarhum wafat di RSCM Kencana Jakarta pagi ini sekitar pukul 06.55 WIB. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka Komp Timah Kav 17, Fatmawati Cilandak, Jakarta. Selanjutnya, pada sore hari di hari yang sama, akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Almarhum lahir di Medan, 23 Agustus 1958. Beliau merupakan lulusan Teknik Sipil ITB tahun 1982, kemudian melanjutkan studi S2 transportation planning and modelling di University of London, Inggris tahun 1986, dan meraih gelar Ph.D., bidang transportation planning and modelling masih dari University of London tahun 1988.

Pimpinan ITB menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam dan mendoakan semoga Allah Swt. mengampuni, merahmati, dan memberikan keselamatan kepada Alm. Bapak Prof. Dr. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., serta keluarga yang ditinggalkan dapat ikhlas menerima kepulangan beliau.

Semasa hidup Almarhum mendapatkan beberapa penghargaan di antaranya pemakalah terbaik Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) tahun 2010, HPJI Gold Medal Award tahun 2007, Yokohama Prize untuk makalah terbaik pada the 5th World Conference on Transport Research (WCTR), Yokohama tahun 1989, Henry Spurrier Award dari the Chartered Institute of Transport (CIT), London tahun 1988.

Beliau juga pernah meraih Reuben Smeed Prize untuk makalah terbaik pada the 20th Annual Conference of the Universities Transport Studies Group (UTSG), London tahun 1988, dan Penghargaan Departemen Pekerjaan Umum Award, lulusan terbaik (cumlaude) dalam Diploma Pasca Sarjana di Rekayasa Jalan Raya, Institut Teknologi Bandung tahun 1984.


scan for download