HIMATIKA ITB Company Visit ke BCA Learning Institute, IDX Bursa Efek Indonesia, dan Astralife

Oleh Erika Winfellina Sibarani - Matematika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Himpunan Mahasiswa Matematika dan Aktuaria, Institut Teknologi Bandung (HIMATIKA) ITB melakukan company visit ke tiga perusahaan, yaitu BCA Learning Institute, IDX Bursa Efek Indonesia, dan Astralife, Kamis (29/8/2024). Kunjungan ini merupakan salah satu program Divisi Professional Development.


HIMATIKA ITB mengunjungi Galeri BCA.

Perusahaan pertama yang dikunjungi adalah tempat pembelajaran untuk karyawan BCA, BCA Learning Institute, di Sentul City, Kabupaten Bogor. Pada sesi ini, mahasiswa HIMATIKA ITB diperkenalkan dengan budaya kerja, proses rekrutmen, dan peran data scientist di BCA. Selain itu, mahasiswa diajak berkeliling termasuk ke Galeri BCA, sebuah area yang menyimpan informasi sejarah BCA dari awal dilahirkan sampai dengan saat ini.

HIMATIKA ITB mengunjungi IDX Bursa Efek Indonesia.

Selanjutnya, mahasiswa berkunjung ke IDX Bursa Efek Indonesia (BEI) di Gedung Bursa Efek Indonesia,Tower 1, Jakarta Selatan. Perusahaan ini merupakan badan hukum yang bertugas sebagai sarana dalam melaksanakan dan mengatur jalannya kegiatan perdagangan efek yang ada di Pasar Modal.

Pada sesi ini, mahasiswa mendapatkan insight mengapa investasi perlu. "Menghadapi ketidakpastian finansial di masa depan dan kebutuhan hidup yang terus meningkat, kita harus mulai merencanakan keuangan dan berinvestasi sejak dini. Apalagi potensi pasar modal kita masih sangat menjanjikan, didukung oleh pertumbuhan kelas menengah yang pesat, dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi,” kata Adjie Bagoes Hermanto, Market Development Officer PT BEI.

Terakhir, HIMATIKA ITB berkunjung ke Astralife di Pondok Indah Office Tower 3, Jakarta Selatan. Astralife merupakan anak perusahaan dari Astra International yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Perusahaan ini baru berdiri kurang lebih 10 tahun. Berbeda dengan dua sesi sebelumnya, pada sesi ini, mahasiswa diberi kesempatan mendapatkan testimoni dan berdiskusi dengan alumni ITB yang bekerja di Astralife. Selain itu, diberikan pula pemaparan terkait peran aktuaris dalam industri asuransi.

Keita Kamil, Ketua HIMATIKA ITB, berharap kunjungan ini dapat membantu anggota HIMATIKA ITB mengembangkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri dan mengenal budaya dalam bekerja.

Reporter: Erika Winfellina Sibarani (Matematika, 2021)


scan for download