Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “GEA” ITB Ikuti Pemetaan Geologi di Gua Musang, Kelantan, Malaysia

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id – Faculty of Earth Sciences, Universiti Malaysia Kelantan menyelenggarakan pemetaan geologi dan survival “Pemetaan Geologi di Gua Musang” di Panggong Lalat, Gua Musang, Kelantan, Malaysia, 27 Agustus-7 September 2023.

Kegiatan ini diikuti mahasiswa Geoscience se-Asia Tenggara. Dua mahasiswa Teknik Geologi ITB angkatan 2020, M. Elfa Rando dan Affan Aji Wiwatama, ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai peserta dari Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) “GEA” ITB sekaligus menjadi perwakilan Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan pemetaan geologi dan survival secara maksimal karena area pemetaan merupakan medan yang terjal dan berat. Selain itu, peserta dilatih bekerja sama karena mereka dilepasliarkan di hutan area pemetaan dan diberi kesempatan berinteraksi dengan warga sekitar.

Selain kegiatan inti, peserta menyelenggarakan bakti sosial berupa pengecekan kesehatan bagi warga yang tinggal di sekitar area pemetaan dan mengajar siswa taman kanak-kanak.

M. Elfa Rando mengaku mendapat ilmu dan pengalaman menarik terkait pemetaan daerah yang belum pernah dia jangkau dan pelaksanaan bakti sosial sehingga berkesempatan berinteraksi dengan warga sekitar.

Menurutnya, hal tersebut yang membuat kegiatan semakin lengkap. Terselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberi pandangan baru bagi para peserta dari berbagai negara khususnya Indonesia dan Malaysia terkait dunia internasional.

Reporter: Putri Nur Azizah (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2021)

Dokumentasi: Affan Aji Wiwatama (Teknik Geologi ITB 2020)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download