Hingga Oktober, Tahun ini Mahasiswa ITB Donorkan 140 Liter Darah

Oleh Nofri Andis

Editor Nofri Andis

BANDUNG, itb.ac.id - Sekurangnya, telah 140 Liter darah didonorkan mahasiswa ITB hingga Oktober tahun ini. Jumlah tersebut diperoleh dari pelbagai kegiatan donor darah yang diselenggarakan di kampus ITB.

Hari ini, Selasa (26/10/10) misalnya. Donor darah dilakukan oleh Himpunan sefakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia cabang Bandung. Sebanyak 80 kantong darah 350 cc diperoleh pada kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Benny Subianto ini.

Pada Februari lalu, selama dua hari panitia ITB Fair juga mengadakan acara donor darah. Kala itu, donor tidak hanya dari ITB tapi terbuka untuk umum. Ratusan orang pun mendonorkan darah mereka.

Kemudian, pada akhir Maret kemarin, himpunan mahasiswa Teknik Industri, Perminyakan, Kimia, Geodesi, Geologi, dan Geofisika juga mengadakan kegiatan serupa. Sebanyak 103 peserta mendaftarkan diri walau tidak semuanya lolos persyaratan sebagai pendonor.

Selain itu, juga ada kegiatan rutin tiga bulan bernama donor darah empat labtek. Donor darah ini diselenggarakan oleh himpunan-himpunan yang berada di Gedung Benny Subianto,  T.P.Rahmat, Yusuf Panigoro, dan Achmad Bakrie yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik, Keluarga Mahasiswa Teknik Kelautan, Himpunan Mahasiswa Farmasi, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro. Setiap kali diadakan, donor darah empat labtek mampu mengumpulkan lebih kurang 100 kantong darah. Tahun ini, kegiatan ini telah dilaksanakan dua kali, pada Maret dan dan Juli lalu.

Setidaknya, itulah beberapa kegiatan donor darah tahun ini yang tercatat oleh Kantor Berita. Jika diratakan terkumpul 80 kantong darah 350 cc pada setiap kegiatan, artinya tahun ini mahasiswa itb telah menyumbangkan 140 liter darah.

Kegiatan donor darah memang cukup mendapat apresiasi dari mahasiswa ITB. Selain untuk beramal, pendonor pada umumnya sadar betul manfaat donor darah bagi mereka.
"Dari pada disumbang ke nyamuk," kata salah seorang donor sambil becanda.

Sumber foto 1 

Sumber foto 2



scan for download