Ikut Meriahkan Parade Wisuda Oktober ITB 2023, 7 Grup Musik Jajaki TPB Band Audition

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


JATINANGOR, itb.ac.id - Sebanyak tujuh grup musik mengikuti TPB Band Audition di Amphitheater Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Jatinangor, Minggu (15/10/2023). Audisi ini merupakan ajang pencarian bakat, khususnya bidang musik bagi mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) dari tiap Fakultas/Sekolah ITB.

“Tujuan acaranya untuk mengambil tiga band terbaik. Itu merupakan bentuk partisipasi TPB dalam apresiasi para wisudawan yang akan lulus di Wisuda Oktober,” ujar Koordinator Acara Mirza Rafi (Teknik Lingkungan, 2022).

Tiga grup terbaik tersebut tampil pada puncak rangkaian kegiatan, Entertainment Festival atau Wisnight yang digelar 29 Oktober 2023 di Lapangan Cinta CC Timur ITB Kampus Ganesha.

Tidak ada persyaratan khusus mengikuti audisi tersebut karena utamanya ingin bersifat inklusif kepada semua mahasiswa TPB. Namun, peserta per fakultas/sekolah dibatasi hanya untuk satu grup. Adapun grup yang berpartisipasi berasal dari STEI-K, STEI-R, SITH-S, SF, FTSL, SBM, dan FTTM.

Salah seorang peserta, Belva Nailah (SF, 2023) mengaku baru pertama kali ikut grup band. “Kita mengaransemen hanya 2 jam, kita pun baru pertama kali main band. Tapi karena kita udah mempersiapkan diri untuk Wisnight, mau apapun yang terjadi kita harus siap,” ujar Belva.

Wakil Koordinator Acara, Michelle Amanda (Teknik Sipil, 2023), menilai bahwa setiap grup telah berusaha menampilkan yang terbaik. “Kalau dilihat dari usaha-usaha mereka sudah bagus dan tadi juga penonton di sini sangat interaktif. Apalagi untuk mendukung fakultas masing-masing,” katanya.

Mirza dan Michelle mengaku acara ini dapat menjadi pintu bagi mahasiswa TPB menggali minat dan bakat di bidang musik. Tak hanya itu, dari penampilan ini, mereka dapat mengevaluasi apakah sudah sesuai dengan tujuan dan luaran yang diinginkan. Keduanya berharap pemenang dapat memeriahkan wisnight nantinya serta audisi serupa dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Adapun tiga grup yang terpilih tampil di acara puncak adalah SF, STEI-R, dan SBM. Sementara itu, terdapat penghargaan lain, yakni best audience (FTTM), best aesthetic (SF), dan best band chemistry (STEI-R).

Reporter: Muh Umar Thoriq

Dokumentasi: Pribadi

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download