Inspiring Talk FMK ITB: Menjadi Beswan KIPK-K yang Proaktif, Peduli, dan Berprestasi

Oleh Dina Avanza Mardiana - Mahasiswa Mikrobiologi, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

Sumber: Instagram FMK ITB

BANDUNG, itb.ac.id – Forum Mahasiswa KIP-K ITB menggelar Inspiring Talk secara bauran di Labtek 6 Institut Teknologi Bandung dan melalui Zoom. Acara ini menghadirkan Ahmad Muliansyah, S.T. (Ketua Umum FBM IV ITB) dan D. Sc.(Tech). Imam Santoso, S.T., M.Phil., dosen dari Kelompok Keahlian Teknik Metalurgi ITB.

Saat menjalani perkuliahan, mahasiswa tidak jarang mengalami masalah ekonomi. Hal ini kerap membuat terpecahnya fokus untuk melakukan studi. Melalui talkshow ini, D. Sc.(Tech). Imam Santoso, yang kerap dipanggil Mas Imam, menekankan bahwa mentalitas penting sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, beswan KIP-K harus siap dan tidak menganggap semua ini sebagai hambatan, melainkan tantangan yang akan melatih diri sehingga dapat menjadi versi yang lebih baik lagi.

Selain itu, pola pikir juga penting dalam menentukan akan seperti apa seseorang menyikapi masalah dalam kehidupan. Mahasiswa hendaknya selalu menerapkan growth mindset sehingga hidupnya dapat lebih dijalani dengan penuh syukur terhadap yang dimiliki.

Mas Imam pernah merasakan hal yang sama saat dirinya berkuliah di Teknik Metalurgi ITB pada tahun 2003-2007. Beliau yang berasal dari Jember, Jawa Timur, bercerita bahwa dulu rasanya hampir tidak mungkin berkuliah karena kondisi ekonomi yang kurang. Namun, berkat kegigihan dan semangatnya dalam mencari ilmu, beliau kini berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga mendapatkan gelar Ph.D. dari Aalto University, Finlandia dan kini menjadi dosen di ITB.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Amul, sapaan Ahmad Muliansyah, yang sejak kecil ditinggal oleh ayahnya, tumbuh di pinggiran Jakarta, dan berjuang untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang lebih layak. Amul berhasil lulus dari Teknik Material ITB. Selama berkuliah, Amul aktif dalam berorganisasi dan mengikuti perlombaan. Dia pernah menjadi ketua umum FMK IV ITB.

Amul pada Senin (24/6/2024) mengatakan, “Kita harus selalu memaksimalkan potensi yang dimiliki. Meskipun keadaan yang rasanya sangat tidak mendukung, cobalah bangkit dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman.”

Melalui talkshow ini, Mas Imam berpesan kepada seluruh mahasiswa yang mungkin berasal dari daerah terpencil dan ekonomi kurang agar selalu semangat dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Sejatinya, kesuksesan dapat diraih dengan pendidikan.

Reporter: Dina Avanza Mardiana (Mikrobiologi, 2022)


scan for download