ITB Gelar Pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 Tahun 2024

Oleh Iko Sutrisko Prakasa Lay -

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar acara pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 pada Sabtu (8/6/2024) di Multi Purpose Hall Gedung CRCS, ITB Kampus Ganesha. Acara ini dihadiri Direktur Pendidikan Nonreguler, perwakilan Kasubdit Pendidikan Berkelanjutan, dosen pengampu mata kuliah Modul Nusantara, dekan fakultas/sekolah, serta para mahasiswa peserta dan Liaison Officer (LO) PMM ITB Batch 4.

Kasubdit Pendidikan Berkelanjutan yang diwakili Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa, Irvan Christiawan, S.T., mengatakan, PMM telah mengalami peningkatan signifikan sejak 2021.

“Jumlah mahasiswa yang akhirnya melaksanakan pendidikan di ITB sebanyak 282 (orang), yang sudah hadir di ITB mulai tanggal 1 Januari sampai 3 Februari dan sudah melakukan kegiatan perkuliahan di ITB. Seluruh mahasiswa didistribusikan berdasarkan kesesuaian program studi asalnya dengan program studi yang ada di ITB. Semuanya sudah terdistribusi ke 12 fakultas/sekolah dengan pengambilan mata kuliah yang mengikuti hasil konsultasi atau arahan dari masing-masing dosen wali. Paling banyak mahasiswa peserta PMM ini diterima atau mengikuti pendidikan di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) serta di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM),” katanya.

Guru Besar STEI ITB, Prof. Ir. Armein Z.R. Langi, M.Sc., Ph.D., yang mewakili seluruh dekan fakultas/sekolah di ITB, menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa yang telah memilih ITB sebagai tempat belajar. Beliau menekankan bahwa ilmu pengetahuan itu universal dan dapat dipelajari di mana saja. Adapun semangat dan cinta terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di ITB adalah sesuatu yang berbeda dan sangat berharga untuk ditularkan.

   

Sementara itu, perwakilan dosen Modul Nusantara PMM Batch 4, Dr. Drs. Agus Syihabudin, M.A., menyatakan rasa syukur atas kelancaran pelaksanaan Modul Nusantara yang menjadi inti program PMM di ITB. Mahasiswa peserta PMM 4 telah banyak mengikuti kegiatan mulai dari presentasi dan diskusi di kelas, kunjungan ke situs-situs bersejarah, tempat ibadah, pusat budaya, hingga perjalanan wisata alam yang menakjubkan yang diharapkan dapat menjadi kenangan yang baik ke depannya.

Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Dr. RM. Petrus Natalivan Indradjati, S.T., M.T., menyampaikan sambutan mewakili seluruh ketua program studi di ITB. Beliau menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif mahasiswa dalam program PMM dan berharap pengalaman belajar di ITB dapat menjadi bagian penting dalam kehidupan mereka. Dr. Petrus berharap kesempatan berharga yang telah didapatkan ini dapat meningkatkan kompetensi dan wawasan peserta.

Direktur Direktorat Pendidikan Nonreguler ITB, Prof. Ir. Ridwan Sutriadi, S.T., M.T., Ph.D., secara resmi membuka acara pelepasan mahasiswa PMM Batch 4. Beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program ini dan mengingatkan agar pengalaman positif dari program ini dibagikan kepada yang lain.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download