ITB Menggelar Layanan Informasi Akademis Melalui SMS Dengan Telkom Flexi
Oleh Unit Sumber Daya Informasi
Editor Unit Sumber Daya Informasi
Bersamaan dengan Dies Natalis ke 45, ITB bekerja sama dengan Telkom Flexi meluncurkan layanan informasi akademis melalui short message system (SMS) Telkom Flexi. Pemakai dan pelanggan Telkom Flexi dapat mengirim pertanyaan melalui SMS ke nomer 1780 untuk memperoleh jawaban melalui SMS. Untuk tahap awal ini, informasi yang dapat dilayani adalah informasi akademis dan perkuliahan, seperti jadwal kuliah dan status pendaftaran. Dengan demikian civitas academica ITB mendapat tambahan layanan untuk mendukung pelaksanaan program akademis.
Layanan ini merupakan bagian dari serangkaian program pengembangan Smart Campus ITB. Mengantisipasi perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi (ICT), Institut Teknologi Bandung (ITB) memulai program empat tahun untuk menjadikan kampus ITB sebagai kampus yang sarat ICT. Program yang diberi nama Smart Campus ini membangun infrastruktur IT dan menyiapkan komunitas ITB agar siap masuk ke dalam era ekonomi pengetahuan (knowledge economy). Untuk itu ITB bekerjasama dengan berbagai operator ICT terkemuka, seperti Telkom.
ITB melihat peluang besar bagi pemanfaatan ICT untuk meningkatkan keistimewaan akademis ITB. Penerapan ICT yang tepat sanggup meningkatkan produktivitas sebuha komunitas, termasuk komunitas akademis ITB. Terlebih lagi, infrastruktur IT membuka peluang bagi bisnis berbasis pengetahuan. Tidak saja Internet menjadi sumber informasi, tetapi juga Internet menjadi tempat perdagangan pengetahuan. Dengan program smart campus, diharapkan ITB dapat memasuki bisnis pengetahuan dengan kompetitif.
Program smart campus bermaksud meningkatkan komunitas ITB dari pengguna ICT menjadi penghasil ICT. Dengan komputer dan Internet, komunitas ITB dipermudah untuk menghasilkan berbagai konten (content) pengetahuan untuk disebarluaskan pada masyarakat dan industri. Demikian juga kemampuan akademis ITB dikemas dalam format ICT sehingga mudah ditransaksikan sebagai layanan bagi mahasiswa dan masyarakat luas. Dengan demikian, masyarakat di pelosok Indonesia dapat mengakses ilmu pengetahuan dan layanan pendidikan yang efektif dari ITB melalui saluran telekomunikasi dan Internet.
Layanan berbasis SMS ini sendiri adalah hasil karya Tim ICT dari Departemen Teknik Informatika, yang dipimpin oleh Yudistira Dwi Wardhana Asnar. Layanan ini merupakan bagian dari Layanan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB. Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan smart campus berbasis teknologi ITB.
Saat ini, layanan ini terus dikembangkan sehingga semuakin luas baik jangkauannya maupuan cakupan informasi. Bila layanan sekarang berhasil dengan baik, maka informasi akan diperluas hingga mencakup ber bagai informasi iptek yang dibutuhkan masyarakat luas. Selain itu, ITB juga mengembangkan kerjasama sejenis dengan berbagai operator lainnya, sehingga layanan ini bisa dinikmati melalui semakin banyak saluran.
Program smart campus ini diharapkan meningkatkan keistimewaan akademis ITB sehingga semakin mampu melayani masyarakat di bidang akademis, ilmu pengetahuan dan teknologi. Keistimewaan akademis ini membuka peluang bagi ITB untuk memasuki bisnis pengetahuan dan teknologi. Hasil yang diperoleh dapat digunakan dan diterpakan pada komunitas lain di Indonesia.