ITB Raih Juara II Final ECOTECHNO 2009 BEM Fakultas Teknik Undip

Oleh alitdewanto

Editor -

SEMARANG, itb.ac.id- Sabtu (05/12/09), tim ITB berhasil meraih hasil positif pada pagelaran Final ECOTECHNO 2009 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universiats Diponegoro, Semarang. Pada ajang ini, tim ITB yang diwakili oleh Ali Budhi Kusuma (Mikrobiologi'07), Maliki Utama P. (Biologi'07) dan Andini Warih W. ( Biologi'07 ) berhasil menyabet Juara II untuk Lomba Karya Tulis dengan judul Aplikasi Teknologi Microbial Soil Slant Sederhana untuk daur ulang air limbah cucian piring. " Ini hasil yang positif bagi kami." ujar Ali, ketua tim usai meninggalkan Ruang Seminar Teknik Teknik Sipil Undip, lokasi lomba.
Untuk tahun ini, Ecotechno 2009 mengambil tema tentang Teknologi Baru yang Solutif, Ekonomis, dan Tepat Guna, serta Ramah Lingkungan yang Dapat Diaplikasikan di Kalangan Masyarakat Luas. Dibawah bimbingan salah seorang dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Ir.Siti Khadijah Chaerun,PhD, Ali dkk mendesain alat yang bisa digunakan untuk mendaur ulang air limbah cucian piring." Ini merupakan aplikasi dari teknologi microbial soil slant." sebut Ali dalam pesan singkat yang disampaikan pada Kantor Berita. "Dan bisa digunakan untuk mendaur air limbah cucian piring agar bisa digunakan lagi."

Dalam ajang ini, tim ITB menyisihkan lima puluh peserta lain untuk berebut ke babak final yang diikuti lim apeserta terbaik. Juara I dan III direbut oleh tim tuan rumah, Universitas Diponegoro. "Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat banyak." harap Ali.

scan for download