ITB Selenggarakan Pelatihan Program Statistik Berbasis Open Source

Oleh Bangkit Dana Setiawan

Editor Bangkit Dana Setiawan

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Selasa (26/05/15) UPT Perpusatakaan ITB menyelenggarakan pelatihan mengenai penggunaan program R bertempat di Ruang Pelatihan IT Perpustakaan Pusat ITB. Pelatihan yang bertajuk "Introduction to R" ini merupakan pengenalan dari program statistik R serta memuat sedikit tutorial mengenai cara penggunaan program tersebut. Dengan dipandu oleh Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T., M.T. yang merupakan dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Bumi (FITB) ITB, pelatihan ini dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Latar belakang diadakannya pelatihan ini adalah semakin maraknya kebutuhan akan formula-formula perhitungan secara sains dan rekayasa yang dapat diolah dengan praktis bagi para teknisi maupun ilmuwan. Berbagai program statistik yang dapat menunjang pengolahan formula tersebut telah banyak diciptakan, seperti Matrix Laboratory (MATLAB) dan Statistical Analysis Software (SAS). Akan tetapi sebagian besar dari program-program perhitungan komputer tersebut merupakan program closed source yang tidak terbuka untuk umum. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pengembangan program perhitungan komputer yang berbasis open source supaya mempermudah khalayak umum untuk dapat menggunakannya, salah satunya adalah program R ini.

Program R sendiri sudah dikenal secara internasional sebagai bahasa pemrograman yang terkemuka di bidang statistik dan data ilmiah dengan lebih dari 2 juta pengguna di seluruh dunia. Program R juga sudah terkenal di kalangan organisasi maupun komunitas. Namun, di Indonesia perkembangan program R belum begitu pesat terlihat dari mirror download-nya yang baru tersedia secara resmi di situs Badan Pengkajian dan Penerapatan Teknologi (BPPT) dan Universitas Jember (UNEJ).

Erwin memaparkan beberapa keunggulan program R sebagai program stastistik yang dapat dengan mudah menunjang rekayasawan yang bahkan merupakan seorang non-programmer. "Seorang non-programmer dapat dengan mudah menggunakan program R kaena telah tersedia banyak sekali tutorial cara menggunakannya di internet, sintaksnya sederhana, dan terdapat lebih dari 4000 paket yang dapat menunjang penggunaannya," jelas Erwin. Selain itu, Erwin menambahkan bahwa program R juga memiliki keunggulan, yaitu bersifat dapat diperbanyak mengingat basisnya yang open source, terstruktur dari antarmukanya yang menarik, visualisasi grafik yang bagus, dan dapat disesuaikan. Setelah mendengarkan penjelasan dan latar belakang program R, peserta pelatihan mulai belajar mengoperasikan program R serta menggunakan fitur-fitur di dalamnya dengan panduan Erwin.

 

  Muhammad Adil Setiyanto Suhodo (ITB Journalist Apprentice 2015)

 Ilustrasi : Dokumentasi pribadi dan http://erwinirawansblog.blogspot.com/


scan for download