Kolaborasi ITB dan PT IMIP: Hilirisasi Industri, Program Beasiswa, dan Magang

Oleh Bintang Prasetya Fernandika - Teknik Metalurgi, 2022

Editor M. Naufal Hafizh

Kuliah Tamu Teknik Metalurgi oleh Tim PT IMIP dan Asisten Deputi Investasi Strategis Kemenkomarves RI di Gedung Kuliah Umum Timur (GKUT) ITB Kampus Ganesha, Kamis (13/6/1014). (Dok. Bintang Prasetya Fernandika)

BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Teknik Metalurgi Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan kuliah tamu di Gedung Kuliah Umum Timur (GKUT), ITB Kampus Ganesha, Kamis (13/6/2024). Kuliah tamu ini mengundang PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Center of People Excellence dan merupakan salah satu bagian dari IMIP Lecture Series, yaitu serangkaian kuliah umum tentang program hilirisasi di Indonesia, serta kisah suksesnya dari kawasan IMIP, yang dirangkai dengan kegiatan perekrutan pekerja, peserta pemagangan, dan peserta program beasiswa.

Tim Asisten Deputi Investasi Strategis Kemenkomarves RI turut hadir memaparkan peran hilirisasi dalam pengoptimalan potensi besar yang dimiliki negara, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia, menyambut Indonesia emas 2045.

Indonesia merupakan pemain penting pada ekonomi global dengan lokasi strategis dan sumber daya yang kaya. Pemerintah melalui kebijakannya saat ini tengah gencar mendorong kompleksitas perekonomian melalui industrialisasi bernilai tambah tinggi berbasis komoditas. Adanya kebijakan ini turut membawa pemerataan ekonomi di wilayah luar Pulau Jawa karena banyaknya hilirisasi industri yang dibangun di berbagai wilayah. Selain dari sumber daya alam, potensi juga datang dari sumber daya manusia dari bonus demografi yang tengah dialami negara Indonesia, yang 69,3% penduduknya berusia produktif.

Tim IMIP diwakili oleh Trisno Wasito memaparkan profil kawasan industrinya yang berlokasi di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Perusahaan yang mengelola kawasan industri berbasis nikel dengan rantai industri terpanjang di dunia ini didirikan pada tahun 2013. Produk utamanya berupa nikel, stainless steel, dan carbon steel dengan beberapa fasilitas berupa pelabuhan, power plant, akomodasi, transportasi, hingga fasilitas ibadah dan kesehatan untuk masyarakat.

Pematerian juga disampaikan oleh tim dari perusahaan tenant di PT IMIP, yaitu PT Tsingshan Stainless Steel (ITSS) dan PT QMB New Energy Material. PT Tsingshan Stainless Steel merupakan anak perusahaan asal Tiongkok, Eternal Tsingshan Group yang mengolah bijih nikel menggunakan teknologi RKEF dengan produk utama berupa stainless steel.

Adapun Guruh dari PT Tshinghsan Group memaparkan berbagai kesempatan berkarier di Eternal Tsingshan Group salah satunya melalui program pelatihan keahlian di Tiongkok yang merupakan program kerja sama dengan Kemenkomarves RI untuk memberangkatkan lebih dari seratus karyawan ke Tiongkok untuk mengadaptasi penguasaan iptek.

PT QMB New Energy Materials merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bijih nikel menggunakan proses HPAL menjadi bahan baku baterai listrik berupa MHP.

Ardi dari PT QMB New Energy Materials memaparkan research and development center perusahaan induknya, yaitu GEM yang telah bekerja sama dengan ITB membangun laboratorium bersama teknologi bahan energi baru dan metalurgi.

Pada perkuliahan ini dipaparkan berbagai kesempatan beasiswa dan magang dari IMIP Center of People Excellence sebagai tekad PT IMIP untuk menciptakan pekerja yang kompeten dan talenta-talenta Indonesia di sektor hilirisasi mineral-logam. Tim IMIP mendorong agar mahasiswa Teknik Metalurgi menyadari dan mampu memaksimalkan potensinya sebagai salah satu aset yang sangat dibutuhkan dalam program hilirisasi mineral-logam, untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045.

Reporter: Bintang Prasetya Fernandika (Teknik Metalurgi, 2022)


scan for download