Kuliah Umum Petrofisika Kupas Ilmu Fundamental Industri Migas

Oleh Vinskatania Agung A

Editor Vinskatania Agung A

BANDUNG, itb.ac.id-Semakin ketatnya persaingan di dunia minyak dan gas (migas) membuat mahasiswa jurusan terkait wajib mempersiapkan bekal terbaik guna menjawab tantangan pasar sebelum memasuki arena profesionalnya nanti. Berbagai pengetahuan dasar harus dimiliki agar ilmu terapan yang berkembang pesat bersama teknologi dapat dipahami dan diterapkan dengan baik. Terlebih lagi, cadangan minyak dan gas yang masih tersimpan di perut bumi kini bukan lagi representasi kasus ideal yang kebanyakan dipelajari di ruang kelas. Untuk itu, Divisi Keprofesian Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) Regional II dan Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (Huma TG) "TERRA" ITB mengundang Petrofisikawan dari Petrochina, Al Hafeez, dalam acara kuliah tamu yang diselenggarakan pada Sabtu (31/10/2015). Al Hafeez berbagi ilmu mengenai konsep utama Petrofisika, yaitu cabang ilmu kebumian yang mempelajari sifat‐sifat batuan beserta isi yang terdapat didalamnya seperti cairan dan bahan pembentuknya. Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa geofisika dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kuliah tamu kedua yang dibuat oleh HMGI Regional II tersebut kali ini bertempat di Gedung Hilmi Panigoro, Teknik Geologi ITB.

Mengenal Petrofisika
Hafeez membuka kuliahnya dengan melempar pertanyaan sederhana kepada peserta, apa yang diketahui mengenai petrofisika. Sebagian besar peserta setuju bahwa petrofisika banyak berkaitan dengan analisa hasil pemboran sumur (logging). Namun Hafeez menyangkal, "Petrofisika tidak hanya mengenai log analysis, namun lebih dari itu", ujarnya.

Secara fundamental, ilmu petrofisika berasal dari percobaan yang dilakukan oleh Archie mengenai distribusi fluida di batuan untuk membedakan batuan yang terisi hidrokarbon dan tidak. Petrofisika merupakan studi properti batuan dan interaksinya terhadap fluida. Hal ini dilakukan mereka dengan cara melakukan evaluasi pada formasi, perhitungan sumur logging, core, kontrol kualitas log, dan mengombinasikan semua informasi dengan informasi geofisika dan geologi.

Peran Petrofisikawan di Industri
Petrofisikawan di dunia industri dipekerjakan bersama engineer dan geosaintis lainnya untuk memahami properti batuan reservoir. Petrofisika berkaitan erat dengan alat-alat dan perhitungan yang menantang.  Melesetnya perhitungan petrofisikawan dapat menyebabkan tindakan keliru oleh reservoir engineer. Hasil dari perhitungan petrofisikawan juga meliputi jumlah perhitungan cadangan hidrokarbon yang informasinya berkaitan dengan aksi production engineer. Selain itu, petrofisikawan juga harus memberikan data yang akurat kepada geologist agar pemodelan yang dikerjakan tetap sesuai. Oleh karenanya, menurut Hafeez, sangat bisa dikatakan bahwa petrophyisicist merupakan consultant engineer yang ada di industri minyak dan gas, sebab semua data yang diproses engineer di industri tersebut berasal dari analisis yang dilakukan oleh seorang petrofisikawan.

Petrofisika dan Geofisika
Dalam geofisika, dikenal ilmu rock physics. Rock physics atau fisika batuan merupakan ilmu baru yang mengawinkan petrofisika dan geofisika. Perkembangan rock physics, menurut Hafeez akan menjadi hal yang masif di masa depan nanti. Apalagi sekarang telah dilakukan metode baru yaitu digital rock physics yang dianggap dapat mengancam eksistensi dari analisis laboratorium.

Menyinggung masalah filosofi dan metodologi, Hafeez mengimbau setiap calon petrofisikawan kelak tidak hanya mengagungkan suatu alat atau suatu teknik saja, tapi melihat juga kemungkinan-kemungkinan penggunaan berbagai cara. Selain itu, ia mengingatkan pentingnya menyertakan semua parameter atau informasi agar hasil perhitungan yang diperoleh menjadi representatif dan akurat. Hafeez juga memaparkan praktik yang dilarang yaitu melabeli servis perusahaan tertentu, sebab pada dasarnya semua memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga penentuan pilihan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Ia menekankan pula bahwa seorang petrofisikawan memang harus menganalisis sesuatu secara mendalam, namun jangan sampai tenggelam ke satu hal dan melupakan aspek lain.

 Sumber gambar: legacyroyalties.com


scan for download