Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi, Mahasiswa ITB Gelar Seminar dan Workshop serta Tes Kesehatan Gratis di Desa Cilengkrang

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang tergabung dalam Mata Kuliah KU4093 Pendidikan Karakter ITB mengadakan Seminar dan Workshop berupa pelatihan kesehatan dengan tema "Gaya Hidup Sehat untuk Mengurangi Risiko Darah Tinggi" pada Sabtu (15/04/2023).

Setelah pelatihan, mahasiswa ITB melakukan tes kesehatan gratis kepada warga. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kelompok 4 KU4093 Pendidikan Karakter yang diketuai oleh Mohammad Dwinta Harits Cahyana (IF’19) yang dihadiri dengan sangat antusias oleh warga RW 03 dan RW 05 Desa Cilengkrang.

Salah satu anggota kelompok, Amanda (BE’20), mengatakan bahwa dirinya merasa sangat senang akan antusiasme dari para warga yang hadir. “Warga desa Cilengkrang sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, terlihat bahkan dari sebelum kegiatan dimulai, para warga sudah mulai bertanya perihal waktu dimulainya kegiatan. Tidak sedikit juga warga yang datang dari RW 05 ke RW 03 untuk mengikuti seminar tersebut, walaupun jaraknya cukup jauh. Pada waktu seminar pun para warga aktif bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dokter,” ucapnya.

Salah satu hal yang mendasari Kelompok 4 KU4093 Pendidikan Karakter mengambil tema mengenai tekanan darah tinggi ini yaitu dikarenakan kasus tekanan darah tinggi atau hipertensi pada warga desa Cilengkrang tergolong sangat tinggi. Namun di lain sisi, warga desa kesusahan untuk berobat karena puskesmas yang jauh dan hanya beroperasi dua kali dalam seminggu.

Adapun klinik juga harganya cukup tinggi sehingga menyulitkan warga desa yang termasuk dalam golongan menengah ke bawah. Sehingga, mahasiswa ITB berinisiatif untuk memberikan edukasi mengenai gaya hidup sehat khususnya dalam penanggulangan penyakit tekanan darah tinggi dan melakukan tes kesehatan gratis kepada warga desa RW 03 dan RW 05 di Desa Cilengkrang. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengurangi risiko darah tinggi dan meningkatkan kesadaran warga desa akan pentingnya menjaga kesehatan untuk terhindar dari penyakit tersebut.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa ITB mengadakan seminar kesehatan dengan tema "Gaya Hidup Sehat untuk Mengurangi Risiko Darah Tinggi" dengan mengundang Dr. Awilia Fargi Hidayati sebagai pembicara dalam seminar tersebut. Peserta seminar diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan, terutama menjaga tekanan darah agar tidak terkena penyakit tekanan darah tinggi. Selain itu, peserta juga diberikan informasi mengenai hal-hal yang harus dihindari dalam menjaga kesehatan, seperti merokok, kurang berolahraga, makan makanan yang tidak sehat, dan pola hidup tidak sehat lainnya.

Setelah seminar, dilakukan tes kesehatan gratis yang terdiri dari tes berat dan tinggi badan, tes gula darah dan kolesterol, serta tes tekanan darah. Para peserta mendapatkan informasi mengenai hasil tes kesehatan dan diberikan wejangan mengenai cara menjaga kesehatan agar selalu dalam kondisi prima. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada dokter secara langsung mengenai kondisi kesehatan mereka.

Selain seminar, Kelompok 4 KU4093 Pendidikan Karakter juga mengadakan workshop dengan fokus utama melakukan pelatihan terkait penggunaan beberapa alat kesehatan. Peserta workshop diajarkan penggunaan tes tekanan darah, tes gula darah, dan tes kolesterol. Peserta sangat antusias dan aktif bertanya terkait penggunaan alat dan fungsi dari obat-obatan dasar yang biasa digunakan oleh warga desa. Hal ini dimaksudkan agar jika terjadi kondisi darurat kepada warga desa, maka dapat segera ditangani dengan baik sebagai bentuk pertolongan pertama.

Salah satu anggota Kelompok 4 KU4093 Pendidikan Karakter, Shelma (IF’21), mengatakan harapannya agar kasus tekanan darah tinggi di Desa Cilengkrang dapat menurun dengan adanya kegiatan ini, “Semoga semua kegiatan yang kami lakukan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kesadaran warga desa akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama kasus tekanan darah tinggi bisa segera menurun. Kami Kelompok 4 juga memberikan beberapa alat kesehatan, seperti timbangan, alat ukur tinggi badan, termometer, alat cek tensi darah, obat-obatan, dan sebagainya kepada warga desa sebagai fasilitas bersama warga desa Cilengkrang sehingga masalah kesehatan dapat perlahan dicegah,” ungkapnya.

Kegiatan sosial ini kemudian ditutup dengan dokumentasi bersama dan serah terima alat-alat kesehatan tersebut dari Kelompok 4 KU4093 Pendidikan Karakter kepada warga desa Cilengkrang.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Foto: Dokumentasi Kelompok 4 KU4093 Pendidikan Karakter


scan for download