Implementasi Pendidikan Karakter, Mahasiswa ITB Ikut Tinggal Bersama Keluarga Asuh

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa sebagai penerus bangsa tentu membawa harapan dari masyarakat. Sudah sepatutnya mahasiswa mengerti terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sejalan dengan itu, Mahasiswa ITB yang mengikuti mata kuliah Pendidikan Karakter mengikuti kegiatan live in di masyarakat.

Kegiatan tersebut bernama Community Engagement Camp (CEC) 2023 yang bertema “Merasa, Berpikir, dan Bertindak untuk Masyarakat”. Acara ini dibuka oleh Subiyanto Abdul Rachim, S.Sos.,M.Si., mewakili Kasubdit Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa.

Kegiatan CEC ini dilaksanakan di Desa Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada tanggal 31 Maret – 2 April 2023. CEC ini merupakan kick-off dari serangkaian proyek sosial mahasiswa yang akan diterapkan di Desa Cilengkrang. “Jadi mahasiswa akan mengamati, merasakan serta menganalisis beberapa permasalahan masyarakat, lalu akan dilaksanakan proyek sosial yang telah direncanakan,” ujar Farida Rosyadi, Koordinator Asisten KU-4093 Pendidikan Karakter 2023.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa akan dibagi ke beberapa Keluarga asuh. Keluarga asuh tersebut berada di RW 03 Dusun Cigupakan dan RW 05 Dusun Pasir Angin. Di RW 05 terdapat sekitar 8 keluarga dan di RW 03 terdapat 3 keluarga. Masing-masing keluarga memiliki profesi dan aktivitas sehari-hari yang berbeda. “Jadi mahasiswa bakal ngebantu orang tua asuh, misalkan kalau orang tua asuhnya Pak Aminudin, seorang penjual sayur keliling, ntar mahasiswanya akan bangun jam 1 pagi untuk pergi ke pasar berjualan sayur,” jelas Farida.

Kegiatan sehari-hari mahasiswa bersama keluarga asuh akan diceritakan dalam jurnal harian sehingga asisten dapat mengontrol kegiatan sehari-hari mereka. “Jadi kita akan mengontrol mahasiswa melalui jurnal harian, agar mereka tidak sekadar enak-enakan saja di desa ini,” ungkap Farida. Kegiatan bersama keluarga asuh ini secara penuh dilakukan hingga tanggal 2 April.

Pembagian keluarga asuh ini didasarkan kepada topik proyek sosial yang mereka ajukan sebelumnya. Topik tersebut terdiri dari bidang ekonomi, pendidikan, pariwisata, kesehatan, dan lingkungan. Setiap kelompok memiliki topik yang berbeda-beda. Misalkan untuk topik kesehatan, akan dilakukan cek kesehatan serta sosialisasi untuk mencegah darah tinggi.

Nantinya, Kegiatan CEC akan kembali hadir pada tanggal 14-16 April. Pada waktu tersebut, mahasiswa akan mengeksekusi proyek sosial yang telah disusun sesuai tempat masing-masing.

Reporter: Kevin Agriva Ginting, GD’20

Foto: Dok. Asisten Mata Kuliah Pendidikan Karakter


scan for download