Liga Film Mahasiswa ITB Hadirkan Nuansa Liburan Tropis dalam Ganesha Exhibition Program

Oleh Abdiel Jeremi W

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Liga Film Mahasiswa (LFM) ITB adalah Unit Kegiatan Mahasiswa ITB yang berfokus pada karya fotografi dan videografi. Menunjukkan eksistensinya, LFM kali ini mempersembahkan Ganesha Exhibition Project (GEP). Acara yang dikemas dalam bentuk pameran ini bertempat di Selasar Sunaryo Art Space, Bandung. Sebagai sebuah acara tahunan, LFM ITB kali ini memilih menampilkan karya-karya bertemakan liburan tropis (tropical). Karya-karya fotografi yang ditampilkan merupakan hasil karya asli kru-krunya dari rentang waktu yang bervariasi. Tidak hanya menampilkan foto-foto, tetapi LFM juga menampilkan GEP Movie Premiere, yaitu pemutaran perdana film-film kru LFM yang berlatar tropis. Pameran 3 hari (06-08/11/15) ini juga dibumbui dengan talkshow dan penampilan musik. "Pameran ini diadakan untuk menunjukkan karya-karya asli. Sayang kan kalau ada karya yang bagus tapi hanya dinikmati sendiri," ujar Muhammad F. Afthon (Teknik Penerbangan 2014) mengenai pameran fotografi pada hari Jumat (06/11/15).

Ganesha Exhibition Program adalah sebuah wadah bagi kru LFM untuk memamerkan hasil karya-karya terbaik yang telah melalui proses kurasi di bidang videografi dan fotografi. Terdapat kurang lebih 60 foto yang dipamerkan dengan berbagai ciri utama. Beberapa foto menekankan komposisi, sedangkan sebagian menekankan pada keistimewaan objek yang dipotret atau momen yang terabadikan. "Foto-foto itu muncul dari rasa. Mungkin awalnya tidak ada niatan untuk memotret. Namun, saat rasa (komposisi) itu timbul, maka terpotretlah sebuah frame," jelas Afthon.Lokasi yang nyaman dan bertema seni juga membuat pameran ini seperti sebuah galeri pada umumnya.

Melihat animo pengunjung akan fotografi, LFM juga mengadakan sebuah kompetisi, yakni Instagram Challenge, dimana pengunjung dapat menguji kreativitasnya dalam berfoto di area acara. Di hari Sabtu (07/11), GEP akan diwarnai dengan penampilan musik dari UKM ITB lainnya, yakni ITB Jazz dan Apres! ITB. Di hari terakhir, akan dihelat sebuah talkshow bersama @thetaable, fotografer konseptual yang karyanya dikenal di media sosial Instagram. Selain itu, juga akan ada pemutaran film-film pendek dengan cerita unik buatan kru-kru LFM.


scan for download